Manfaat Memberikan Vetsin pada Tanaman dan Cara Pengunaannya
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Vetsin alias penyedap rasa alias monosodium glutamate (msg) rupanya bisa bermanfaat untuk tanaman. Vetsin diyakini dapat menyuburkan tanaman bunga. Efek paling menyenangkan adalah tanaman lebih rajin berbunga.

Manfaat memberi vetsin pada tanaman

Untuk lebih lengkapnya, memberi vetsin pada tanaman memiliki daftar manfaat berikut di bawah ini:

  • Merangsang tanaman untuk tumbuh subur.
  • Mempercepat proses pembungaan.
  • Meningkatkan kadar air pada tanaman.
  • Tanaman lebih kuat terhadap terpaan penyakit.

Dari keempat manfaat tersebut, apa yang membuat micin menjadi bahan yang bernutrisi bagi tanaman? Ya, micin mengandung asam glutamate, natrium benzoate, dan air. Ketiga kandungan tersebut dapat membuat tanaman hias Anda produktif dalam pertumbuhannya.

Nah, unsur hara dalam media tanam perlu secara rutin diberi tambahan nutrisi seperti dalam micin, yaitu natrium.

Cara menggunakan vetsin untuk menyuburkan tanaman

Cara memberikan vetsin pada tanaman bunga, antara lain dengan berikut ini:

Dilarutkan dalam air

Campuran antara 5 – 6 gram micin dan 1 liter air dapat disiramkan pada tanaman. Pastikan micin larut sempurna sebelum menyiramkannya. Yang perlu diperhatikan adalah volume penyiraman campuran micin pada setiap tanaman.

Setiap tanaman, baiknya, hanya disiramkan sebanyak 100 mililiter larutan micin. Jika kurang tidak akan optimal manfaatnya, namun jika berlebihan justru bisa membuat tanaman jadi layu dan menguning.

Langsung ditaburkan

Cara kedua memberi micin pada tanaman ialah langsung ditaburkan. Takaran vetsin yaitu sebanyak sepucuk sendok teh saja. Usahakan menaburkan merata atau tidak hanya di satu sisi saja. Dengan menaburkan merata, maka memudahkan micin terserap oleh media tanam.

Semprotkan pada daun

Tidak berbeda dengan cara pertama, yaitu dengan melarutkan micin dengan air lalu menyemprotkan pada tanaman. Bedanya, cara ini menyemprotkan pada daun. Takarannya pun berbeda, yaitu perbandingan 4 gram micin dilarutkan dengan 1 liter air.

Disamping memberikan micin untuk membantu proses pertumbuhan dan pembungaan, tetap diperlukan memberi pupuk rutin pada media tanam. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan tingkat kelembapan media tanam.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ketahui Manfaat dan Takaran Memberi Vetsin untuk Tanaman Bunga.

Selain informasi soal manfaat vetsin pada tanaman dan cara penggunaannya, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!