Benarkah Kayu Manis Bisa Turunkan Kadar Gula Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Studi
Ilustrasi kayu manis (Unsplash/Diana Polekhina)

Bagikan:

DENPASAR – Seorang penderita diabetes, perlu menjaga pola makan, termasuk menjalankan diet, agar kadar gula darah tetap stabil.

Cara ini diklaim paling ampuh untuk mencegah lonjakan glukosa dalam darah.  Selain itu, konsumsi minuman herbal yang mengandung kayu manis juga disebut dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. 

Lantas, benarkah kayu manis bisa bantu turunkan gula dalam darah?

Tak apa-apa jika menambahkan bubuk kayu manis dalam segelas jus buah tanpa gula. Tetapi ketika berharap manfaatnya bisa menurunkan kadar gula dalam darah Anda, perlu diperiksa lebih mendalam. Pasalnya, diabetes tipe 2 perlu menjalani perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Disamping itu diperlukan menjalani rekomendasi dokter pribadi Anda yang mengetahui riwayat kesehatan secara keseluruhan.

Dikutip dari WebMD, Sabtu, 26 Februari, belum jelas apakah kayu manis baik untuk diabetes. Banyak penelitian melakukan pendalaman studi namun belum menemukan kesimpulan secara jernih.

American Diabetes Association juga menolak penggunaan kayu manis dalam pengobatan diabetes. Sebuah tinjauan pada sepuluh uji coba acak yang dilakukan tahun 2012, menemukan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mendukung penggunaan kayu manis sebagai metode mengendalikan gula darah.

Studi tahun 2013 yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, melibatkan 70 peserta untuk menjalani rekomendasi konsumsi 1 gram kayu manis perhari selama 30-60 hari. Hasilnya tidak memberikan peningkatan, tetap stabil, tetapi tidak berbeda dengan yang tidak mengonsumsi kayu manis.

Studi lain yang dilakukan tahun 2016 dipublikasikan dalam Journal of Intercultural Ethnopharmachology melibatkan 25 partisipan. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa kayu manis dapat bermanfaat bagi mereka dengan diabetes tidak terkontrol. Peserta yang mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 12 minggu mengalami penurunan 17 persen kadar gula darah puasa.

Tahun 2016 sebuah analisis terhadap 11 penelitian tentang kayu manis dan pengobatan diabetes. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

Dari 11 penelitian hanya 4 yang sesuai dengan tujuan pengobatan American Diabetes Association. Penelitian tersebut menunjukkan potensi kayu manis untuk mengelola gula darah pada beberapa orang tetapi bukan alternatif yang bisa diandalkan untuk perawatan diabetes tradisional.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan dampak negatif kayu manis terhadap gula darah. Artinya, kayu manis bisa jadi alternatif perasa makanan yang tidak berisiko seperti gula, garam, dan penyedap lainnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Benarkah Kayu Manis Menurunkan Kadar Gula dalam Darah? Begini Penjelasan Studi.

Selain informasi soal kayu manis bantu turunkan kadar gula dalam darah, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.