5 Kesalahan Memakai <i>Foundation</i> yang Sering Dilakukan Wanita, Bikin Alas bedak Menggumpal
Ilustrasi foundation terlihat seperti dempul. (Unsplash/Shot by Cerqueira)

Bagikan:

DENPASAR – Pemakaian foundation alias alas bedak seharusnya bisa menunjang penampilan seorang wanita karena kulit wajah jadi terlihat rata flawless. Akan tetapi, tak sedikit perempuan yang melakukan kesalahan saat memakai foundation, akibatnya alas bedak jadi menggumpal di beberapa area wajah atau cakey.

Dikutip dari Cosmopolitan, foundation terlihat seperti ‘dempul’ bukan karena terlalu banyak memakai makeup. Namun terlalu tebal mengaplikasikan alas bedak.

Berikut sederet kesalahan yang kerap dilakukan wanita saat mengaplikasikan foundation.

1. Proses blending terburu-buru

Terburu-buru saat melakukan blending, bisa membuat foundation tidak merata di kulit. Memakai alas bedak membutuhkan ketelatenan hingga terpakai dan menempel sempurna pada kulit.

Paling direkomendasikan, gunakan spons aplikator yang basah supaya lebih lembut ke kulit. Anda juga bisa mengoleskannya berulang-ulang untuk memastikan setiap inci kulit tertutup rata dan tidak terjadi cakey.

2. Kulit tidak terhidrasi dengan baik

Concealer di bawah mata niatnya untuk membuat warna riasan merata, alih-alih menempel halus malahan terlihat berkerak dan berkapur. Ketika mengalami ini, yang dibutuhkan kulit adalah hidrasi atau kelembapan. Triknya, gunakan semprot wajah atau tones yang mengandung pelembap. Ini membantu mengurangi garis-garis halus tampak jelas dan menghaluskan residu bubuk alas bedak pun concealer.

3. Tidak merawat kulit dengan tepat

Setiap karakter kulit memerlukan perawatan berbeda-beda, tetapi perlu dilakukan secara tepat. Paling penting adalah membersihkan wajah setelah beraktivitas atau menjelang tidur di malam hari. Lakukan langkah dan urutan skincare dengan tepat agar kulit menerima berbagai jenis riasan dengan baik.

4. Salah mengatasi kulit berminyak

Saat memakai makeup, untuk Anda dengan kulit wajah berminyak urutan yang tepat adalah pakai pelembap, dilanjutkan bedak tabur, semprotan pengaturan, primer, alas bedak. Cara ini mungkin tak akan bekerja maksimal pada kulit kering. Tetapi untuk kulit berminyak, trik tersebut bisa lebih tahan lama dan bebas cakey.

5. Foundation menumpuk

Foundation yang menggumpal di bagian hidung pada kulit berminyak, disebabkan penumpukan alas bedak. Ini membuat tumpukan terlalu tebal dan bikin terlihat rekahan kurang estetis. Maka, tepuk-tepuk lembut bagian hidung yang mengkilap dengan spons basah dulu.

Lanjutkan dengan mengenakan bedak tabur tipis saja. Jangan pakai warna yang tone-nya berbeda ya. Kemudian, aplikasikan sisa alas bedak pada aplikator saja. Hindari menumpuk alas bedak cair karena membuat teksturnya tak rata.

Itulah kesalahan yang umum dilakukan saat mengenakan foundation, efeknya cakey.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Kesalahan Memakai Alas Bedak yang Bikin Menggumpal.

Selain informasi soal kesalahan memakai foundation, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!