Bikin Nggak Percaya Diri, Ini 5 Penyebab Makeup Menggumpal setelah Diaplikasikan
Ilustrasi penyebab makeup menggumpal setelah diaplikasikan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat dikejar waktu, merias wajah dengan sempurna jadi tantangan. Di luar skill, bisa jadi Anda pernah mengalami pilling pada riasan yang sudah diaplikasikan pada wajah. Paling terlihat jelas ketika foundation atau alas bedak menumpuk pada satu bagian. Atau lipstik yang menggumpal di bibir tengah acara penting. Tentu ini akan membuat kepercayaan diri menurun drastis. Nah, untuk mencegah kejadian ini terulang kembali, kenali penyebab makeup menggumpal setelah diaplikasikan.

1. Sel kulit mati dan produk skincare sebelumnya menumpuk

Makeup yang tidak sempurna saat dipakai, tentu ada penyebabnya. Sebagai langkah pencegahan, kenali penyebab pertama ini. Ketika sel kulit mati dibiarkan menumpuk, ternyata juga mempengaruhi hasil touch-up pada wajah. Selain itu, residu skincare yang dipakai sebelum memakai makeup juga bisa memengaruhi hasil riasan Anda.

Menurut penata rias selebriti Sofia Tilbury, lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Penata rias Aya Thariq dilansir Byrdie, Kamis, 11 April, menyarankan lakukan pembersihan ganda sebelum merias wajah.

penyebab makeup menggumpal setelah diaplikasikan
Ilustrasi penyebab makeup menggumpal setelah diaplikasikan (Freepik/pvproductions)

2. Skincare tidak terserap kulit

Setelah mengaplikasikan skincare sebelum memakai makeup, harus memastikan produk tersebut terserap sempurna terlebih dahulu. Jika tidak akan cenderung menumpuk di kulit dan menciptakan residu. Apalagi jika alas bedak atau concealer yang diaplikasikan setelahnya. Kemungkinan besar akan menggumpal menjadi butiran kecil dan makeup bisa menumpuk pada kulit selama proses blending.

3. Rutinitas perawatan kulit perlu diubah

Mengaplikasikan produk perawatan kulit harus dilakukan secara benar supaya makeup tidak mengalami pilling. Perhatikan dengan baik, produk skincare berbahan dasar air  harus diaplikasikan terlebih dahulu, misalnya toner atau serum. Kemudian diikuti pelembap ataupun krim mata berbahan dasar minyak. Urutannya, produk perawatan kulit harus diaplikasikan dari konsistensi yang paling cair hingga yang paling kental.

Selain itu, penting juga mempertimbangkan berapa banyak produk perawatan kulit berbahan silikon yang digunakan serta urutan penggunaannya. Lebih khusus lagi saat mengaplikasikan beberapa produk berbahan silikon secara berurutan. Ini mencegah kulit menyerap sepenuhnya. Hal ini menyebabkan silikon menumpuk di kulit, yang kemungkinan besar menyebabkan pilling.

penyebab makeup menggumpal setelah diaplikasikan
Ilustrasi penyebab makeup menggumpal setelah diaplikasikan (Freepik/stockking)

4. Menggunakan terlalu banyak produk skincare

Jika Anda sudah melakukan eksfoliasi, memberikan waktu yang cukup bagi kulit Anda untuk menyerap setiap langkah, dan mengaplikasikan produk skincare dengan urutan yang benar, namun Anda masih menghadapi pilling. Mungkin penumpukan makeup karena terlalu banyak produk yang diaplikasikan. Terlalu banyak produk yang dipakai, apalagi yang berbahan dasar minyak dan silikon, kemungkinan tidak dapat menyerap sempurna pada kulit. Inilah yang menyebabkan makeup Anda menggumpal.

5. Produk yang dipakai tidak cocok

Di samping karena penyebab yang disebutkan di atas, makeup bisa menggumpal setelah diaplikasikan karena satu dan lain produk tidak sesuai bahannya. Lagi pula, beberapa bahan produk skincare dan makeup yang dipakai, mungkin tidak berinteraksi satu sama lain. Misalnya riasan dipakai menggumpal setelah memakai serum gel.

Untuk itu, perhatikan tekstur produk dan formula yang dipakai dalam produk tersebut. Seperti alas bedak berbahan dasar air sering kali paling cocok digunakan dengan primer berbahan dasar air. Sedangkan alas bedak berbahan silikon paling cocok digunakan dengan primer berbahan silikon.

Setelah Anda memahami penyebab makeup menggumpal atau mengalami pilling setelah diaplikasikan, selanjutnya Anda bisa mengatasi masalah tersebut. Mulailah merawat kulit wajah dengan tepat dan pakai sejumlah kecil produk saja serta memperhatikan urutan penggunaannya.