5 Alasan Olahraga yoga Baik untuk Ibu
Ilustrasi ibu dan anak melakukan yoga. (Valeria Ushakov/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Jika Anda memiliki waktu senggang, aktivitas apa yang akan bunda lakukan? Pernahkah Bunda terpikir untuk melakukan yoga?

Perlu diketahui, yoga merupakan olahraga yang memiliki manfaat holistik, mulai dari fisik hingga ke psikologis.

Dikutip dari VOI, Minggu, 30 Januari, Erica Rodefer Winters—instruktur prenatal dan postnatal yoga di South California, AS, sekaligus pendiri Spoiled Yogi, menyebut yoga adalah olahraga terbaik untuk seorang ibu, mengapa? Berikut lima alasannya:

Yoga bisa bantu kontrol emosi saat menghadapi anak yang rewel

Begitulah anak-anak, mereka bisa sangat rewel, penuh teriakan, mainan yang berantakan, lompat ke sana ke mari, dan hal menjengkelkan lainnya. Itu semua sangat mungkin membuat Anda kesal. Prinsipnya, Anda tidak mungkin bisa membuat mereka tenang bila Anda sendiri tidak bisa menenangkan diri Anda.

Yoga memang tidak secara ajaib menjadikan Anda sebagai orang tua yang lebih sabar. Akan tetapi, yoga bisa membantu Anda untuk refleksi dan mengontrol emosi. Jika Anda bisa belajar tenang saat melakukan pose-pose yoga, maka ini akan membantu Anda lebih tenang dalam menghadapi anak-anak.

Me time paling efektif

Anda mungkin punya banyak alternatif kegiatan untuk mengisi me time, mulai dari jalan-jalan, ke salon, membaca buku, mengunjungi kedai kopi favorit, dan lainnya. Akan tetapi, dengan melakukan yoga, Anda bisa mendapatkan manfaat fisik dari berolahraga sekaligus sebagai stress release.

Lakukan yoga dengan musik yang tenang dan aromaterapi di ruangan Anda. Sekira 30 menit mengisi me time dengan yoga akan membawa perubahan besar dalam hari Anda. Yang paling penting adalah Anda bisa melakukannya tanpa perlu meninggalkan rumah maupun mengeluarkan biaya.

Belajar menjadi ibu yang tidak kompetitif  

Di luar sana persaingan antar ibu atau sering dikenal dengan mompetition bisa menjadi sangat nyata. Pola pengasuhan, prestasi anak, penampilan, bahkan kemampuan ekonomi bisa menjadi sumber-sumber yang dipertaruhkan.

Hal tersebut terasa menggila ketika media sosial semakin membuat perasaan iri Anda terhadap kehidupan orang lain semakin besar. Yoga akan mengajarkan Anda untuk memiliki kesadaran tubuh bahwa Anda memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, sehingga membuat Anda dapat menjadi orang tua yang sehat secara psikologis.

Yoga bantu mendapatkan tidur yang lebih baik

Banyak ibu tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Melakukan pose savasana di siang hari dapat memastikan Anda memberikan tubuh waktu untuk beristirahat sehingga tubuh dan pikiran dapat pulih dari kesibukan sehari-hari.

Booster energy

Beberapa orang menggunakan kopi di tengah hari dengan alasan menghindari kantuk. Kandungan kafein dari kopi juga memang menurut penelitian dapat meningkatkan energi. Akan tetapi, kafein juga memiliki efek samping pada kesehatan tubuh. Yoga akan lebih baik untuk meningkatkan energi Anda. Lakukan setiap pagi saat bangun tidur dan rasakan perbedaannya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Alasan Mengapa Yoga Sangat Dianjurkan Bagi Ibu.

Selain informasi soal 5 alasan olahraga yoga baik untuk ibu, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!