Ramai Karakter Asli <i>Upin dan Ipin</i> Sudah Meninggal, Begini Respon Rumah Produksi
Kartun Upin & Ipin (Twitter @les'Copaque Production)

Bagikan:

DENPASAR – Belakangan ini, media sosial dihebohkan dengan kabar karakter asli serial kartun Malaysia, Upin dan Ipin sudah meninggal.

Dalam sebuah video TikTok, terlihat foto makam Upin dan Ipin yang bersebelahan. Upin meninggal di tahun 1995 dan Ipin di tahun 1996.

Keterangan dalam video viral tersebut juga mengatakan bahwa Upin dan Ipin tidak pernah tumbuh besar karena mereka sudah wafat.

Tidak hanya itu, banyak yang menyebut Upin Ipin adalah animasi dari Indonesia bukan Malaysia.

Tanggapan rumah produksi Les’ Copaque

Melihat ramainya kabar tersebut, rumah produksi serial kartun Upin dan Ipin, Les’ Copaque membuat klarifikasi dalam bentuk utas melalui akun media sosial resmi.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production," kata pihak Les' Copaque pada Senin, 17 Januari.

"(Upin Ipin) tidak diambil atau diinspirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," tulis Les' Copaque, dikutip Selasa, 18 Januari.

Pihak Les’ Copaque menjelaskan cerita buatan Hajah Ainon ini dibuat dengan pesan yang bermanfaat untuk penonton. Hajah Ainon merupakan pengisi suara Opah, nenek dari Upin dan Ipin.

Mengenai Upin dan Ipin yang yatim piatu, pihak Les’ Copaque awalnya menjadi kartun ini sebagai proyek sampingan lantaran kekurangan tenaga kerja. Rambut Upin dan Ipin yang dibuat hanya sehelai disebabkan karena bujet dan proses produksi yang dituntut lebih cepat.

"Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu," cuit Les' Copaque.

Rencananya, pihak Les’ Copaque akan menerbitkan buku sejarah mengenai tayangan Upin dan Ipin pada Maret mendatang. Penggemar bisa mengetahui asal usul dan latar belakang cerita lewat buku tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ramai Isu Upin Ipin Meninggal, Rumah Produksi Klarifikasi.

Selain informasi soal karakter asli Upin dan Ipin sudah meninggal, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!