Salut! Anak Pedagang Bakso di Surabaya Ellyana Intan Keterima CPNS Kejaksaan
Ellyana Intan Ningtyas (kiri) saat membantu ayahnya, Tukimin, berjualan bakso. (ANTARA/HO-Penkum Kejati Jatim).

Bagikan:

DENPASAR – Ellyana Intan Ningtyas, anak pedagang bakso di Surabaya patut dijadikan sebagai contoh. Bagaimana tidak, ia berhasil mewujudkan cita-citanya menjadi pegawi kejaksaan setelah berulangkali gagal dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tercatat, Ellyana pernah dua kali gagal dalam tes CPNS di Kejaksaan RI sebelum akhirnya diterima sebagai pegawai kejaksaan dalam CPNS 2021.

"Dengan diterimanya pegawai Kejaksaan dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, menunjukkan bahwa proses rekrutmen yang dilaksanakan selama ini telah transparan dan akuntabel," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Fathur Rohman, dikutip dari Antara, Rabu, 12 Januari.

Ellyana tampak sumringah. Seakan tidak percaya tes CPNS ketiga kali yang diikuti semenjak lulus sekolah menengah atas mengantarkannya menjadi abdi negara di Kejaksaan.

Ellyana sempat bekerja sebagai pelayan jasa fotokopi

Selama masa penantiannya, Ellyana, sekitar tiga tahun tahun terakhir bekerja sebagai pelayan jasa fotokopi di kawasan Waru, Sidoarjo.

"Sore, pulang kerja, bantu orang tua mempersiapkan jualan bakso," ujarnya.

Ellyana tinggal bersama ayah dan ibunya di rumah kontrakan hunian sederhana, kawasan Wonocolo, Surabaya.

Ayahnya, Tukiman, terhitung sudah selama 23 tahun berprofesi sebagai pedagang bakso keliling.

"Jual bakso mangkal berpindah-pindah tempat di pinggir jalan," ujar pria yang oleh pelanggannya akrab disapa Jo Bakso.

Tukiman mengenang, putri semata wayangnya itu telah menyatakan cita-cita menjadi pegawai Kejaksaan sejak usia 11 tahun.

"Sejak itu saya cuma bisa berdoa agar cita-citanya terwujud," ucapnya.

Ellyana mengaku sejak awal optimistis, dengan dibantu doa orang tua, cita-citanya bakal tercapai.

Terlebih setelah dua teman dekatnya, yang juga tergolong berasal dari kalangan ekonomi bawah, pada tes CPNS Kejaksaan tahun 2020 berhasil lulus.

"Teman saya, anak juru parkir bernama Mike, dan anak penjual kopi bernama Petir, daftar bersama-sama CPNS Kejaksaan RI tahun 2020, sudah diterima terlebih dahulu. Itu menjadi motivasi saya untuk terus mencoba daftar lagi. Alhamdulillah, melalui tes tahun 2021, Allah menakdirkan saya diterima sebagai CPNS Kejaksaan," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perkenalkan Ellyana Intan Ningtyas, Anak Tukang Bakso di Surabaya yang Jadi CPNS Kejaksaan.

Selain informasi soal anak pedagang bakso keterima CPNS Kejaksaan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!