Duka Artis Indonesia untuk Korban Dugaan Pemerkosaan hingga Aborsi Novia Widyasari
Ilustrasi lilin (Freepik/mdjaff)

Bagikan:

DENPASAR – Sejumlah selebriti Tanah Air turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Novia Widyasari Rahayu.

Diketahui, korban meninggal bunuh diri karena mengalami depresi setelah menjadi korban pemerkosaan dan dipaksa menggugurkan kandunganya sebanyak dua kali oleh anggota polisi, Bribda Randy Bagus Sasongko.

Pada Kamis, 2 Desember, Novia ditemukan tewas di makam ayahnya di Dusun Sugian, Desa Japan, Mojokerto.

Kasus bunuh diri Novia Widyasari mendapat sorotan dari banyak pihak, termasuk dari para artis. Mereka meminta aparat menindak pelaku dugaan pemerkosaan dan pemaksaan tindak aborsi terhadap Novia.

Duka artis Indonesia untuk Novia Widyasari

Aktris Hannah Al Rashid menuliskan, “Novia Widyasari. Innalilahi wainnalilaihi rojiun Semoga Anda termasuk orang yang dicintai Insya Allah. Semoga kita terus berjuang untuknya dan untuk orang lain sepertinya.”

Dia juga mengunggah sebuah postingan yang berisi surat terbuka kepada Novia Widyasari. Surat ini berisi pemberitahuan bahwa pemerkosanya sudah ditangkap dan dihina oleh internet.

Tantri, vokalis band Kotak juga menuliskan pendapatnya lewat Instagram. Dia mengatakan,”Semoga kasus almarhumah bisa jadi pelajaran para wanita untuk bisa menjaga dan berani berkata, agar tidak muncul sakit mental dan malah menyalahkan diri sendiri.”

Selain itu, Tantri juga berharap para perempuan bisa mendukung satu sama lain. Perbuatan yang dilakukan seharusnya bisa dipertanggung jawabkan bukan cuma ingin "enaknya" saja.

Musisi, sutradara, dan aktivis Melanie Subono turut bersuara agar keadilan hadir untuk korban. "Sssssttttttt Jangan sebar nama pelaku, cukup inisial aja. Kasian nama instansi nanti tercemar. Sementara kan korban emang depresi...bunuh diri dilakukan sendiri kan, namanya mbak lalala. Sampai viral dan didorong netizen, baru mungkin akan diproses agak adil," kata Melanie.

Sutradara Ernest Prakasa juga menyebut pelaku merusak kehormatan perempuan.

 "Diperkosa hingga hamil, tertekan, lalu bunuh diri. Bagi yang malah menyalahkan korban dengan berbagai penghakiman, tolong simpan dulu masturbasi egomu. Keinginanmu untuk merasa lebih suci dari orang lain sungguh amat tidak membantu," tutur Ernest, dikutip VOI BALI, Senin, 6 Desember.

Novia Widiasari diperkosa hingga hamil. Ia lalu dipaksa aborsi. Keluarganya sendiri menganggapnya sebagai aib. Misogini menginjaknya tanpa ampun.

Novia Widiasari, memilih untuk mengakhiri hidup di makam ayahnya.

Novia Widiasari. Mari kenang namanya. Mari melawan atasnamanya.

Singkat dan padat, komposer Addie MS mengatakan, “Harus diusut tuntas.” Ia menyertakan sebuah link berita kasus Novia Widyasari.

Adapun saat ini, nama Novia Widyasari masih menempati trending topic di media sosial. Dukungan dari warganet terus mengalir agar aparat bisa memberikan sanksi besar untuk Randy Bagus.

Artikel ini telah tayang dengan judul Deretan Duka dan Dukungan Seleb Indonesia untuk Novia Widyasari.

Selain informasi soal Novia Widyasari, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!