Tarif Tes PCR & Antigen Turun, Okupansi Penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali Meningkat
Penumpang pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali/Ilustrasi. (Antara)

Bagikan:

DENPASAR – Okupansi penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali mengalami peningkatan setelah tarif tes COVID-19 berbasis antigen maupun Polymerase Chain Reaction (PCR) diturunkan.

Informasi ini disampaikan oleh Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ngurah Rai Bali, Taufan Yudistira di Badung, Bali, Minggu, 5 September.

"Kemungkinan karena penurunan harga tes PCR dan antigen. Memang sejak pelaku perjalanan bisa menggunakan hasil antigen walaupun masih Jawa-Bali, itu sudah ada peningkatan,” kata Tafan.

“Kemudian ada penurunan harga PCR, itu juga mulai meningkat lagi dan per hari Jumat lalu kami sudah melakukan penyesuaian harga untuk tes antigen menjadi Rp99 ribu, terjadi peningkatan penumpang lagi," ujar Rai Taufan.

Ia mengatakan peningkatan tersebut tercatat seperti pada statistik penumpang yang datang dan meninggalkan bandara itu pada Jumat, 3 September lalu yang mencapai 6 ribu orang penumpang.

"Sebelumnya Bandara Ngurah Bali setiap harinya melayani rata-rata sekitar 2.500-2.600 orang penumpang pesawat udara," katanya.

Taufan juga menjelaskan pihaknya berharap tren peningkatan jumlah penumpang di Bandara Ngurah Rai tersebut dapat terus berlanjut yang juga dibarengi dengan menurunnya kasus pandemi COVID-19.

"Dengan catatan bahwa seluruh penumpang dan pengguna jasa bandara tetap wajib disiplin kepada penerapan protokol kesehatan," ungkapnya.

Bandara Ngurah Rai jadi pilot project implementasi PeduliLindungi

Bandara Ngurah Rai sebelumnya juga telah menjadi pilot project implementasi aplikasi PeduliLindungi. Seluruh dokumen persyaratan penerbangan terintegrasi secara digital sehingga penumpang tidak perlu membawa dokumen fisik guna mengurangi kontak langsung antar petugas serta mempercepat proses pemeriksaan.

"Dalam aplikasi PeduliLindungi terdapat dokumen Vaksinasi dan Tes Covid-19 serta pengisian electronic Health Alert Card (eHAC), para calon penumpang sebelum berangkat bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi ini melalui App Store atau Play Store guna kelancaran perjalanan, kami telah menyiapkan jalur khusus pengguna aplikasi ini," kata Taufan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tarif Tes PCR dan Antigen Turun, Penumpang di Ngurah Rai  Kini Meningkat.

Selain informasi soal okupansi penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait