Airlangga Hartarto: Program Vaksin Gotong Royong Bantu Target Vaksinasi Nasional
Menko Perekonomuan Airlangga Hartarto. (Dok. Kemenko Perekonomian).

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut program vaksin Gotong Royong yang dicanangkan oleh pemerintah pusat akan mempercepat pencapaian target realisasi vaksinasi nasional untuk menciptakan kekebalan komunal di Indonesia.

Oleh sebab itu, Airlangga mengapresiasi gagasan Kadin Indonesia untuk Vaksinasi Gotong Royong secara gratis bagi karyawan di sektor swasta.

"Berjalan paralel dengan program vaksinasi pemerintah, program Vaksinasi Gotong Royong yang juga gratis karena dibiayai perusahaan dan menggunakan merek vaksin yang berbeda, ini akan mempercepat herd immunity di Indonesia," kata Airlangga saat menyambut kedatangan vaksin impor di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 25 Mei, dikutip dari Antara.

76.910 dosis vaksin gotong royong sudah didistribusikan

Airlangga mengatajab vaksin yang digunakan dalam program Vaksinasi Gotong Royong telah didistribusikan sebanyak 76.910 dosis.

Hingga 23 Mei 2021, sejumlah 21.616 dosis telah disuntikkan kepada pekerja dari 27 perusahaan dan 18 fasilitas kesehatan di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kepulauan Riau, dan Maluku Utara.

"Sebanyak 76.910 dosis untuk Vaksinasi Gotong Royong telah didistribusikan. Hingga saat ini, sejumlah 21.616 dosis telah disuntikkan (angka per 23 Mei 2021)," tambahnya.

Pemerintah patok satu juta suntikan per hari

Pemerintah berharap program vaksinasi nasional dapat mencapai angka satu juta suntikan per hari. Pemberian vaksinasi COVID-19 ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri masyarakat untuk beraktivitas kembali dan menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Bersama kita tumbuhkan optimisme ini sehingga akan menguatkan ekspektasi terhadap perekonomian Indonesia untuk rebound di tahun 2021 ini dengan angka pertumbuhan di kisaran 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen," katanya.

kendati pemerintah sedang melakukan vaksinasi, Airlangga meminta seluruh komponen masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Untuk menciptakan kekebalan komunitas, pemerintah menargetkan sebanyak 181 juta penduduk di Indonesia mendapatkan vaksin COVID-19. Vaksinasi nasional ditargetkan tuntas pada akhir 2021.

Selain informasi soal vaksin gotong royong, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!