Erick Thohir Minta Bulog Lakukan Transformasi di Sektor Pangan
Ilustrasi. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri BUMN Erick Thohir berharap Perum Bulog dapat menjadi tulang punggung ketahanan pangan Indonesia. Untuk mencapai, Bulog harus melakukan sejumlah langkah transformasi bisnis.

Hal tersebut disampaikan Erick dalam peringatan HUT Bulog yang ke-54 yang dilakukan secara daring.

Lakukan pemberdayaan petani

Selain menjadi tulang punggung ketahanan pangan Indonesia, Erick juga meminta Bulog memainkan perannya dalam melakukan pemberdayaan kepada petani, keluarga miskin, penyaluran bantuan sosial, stabilitas pasok dan harga pangan, hingga pemerataan distribusi pangan.

"Era kini dan era ke depan dan berbagai dinamikanya dan iklim usaha yang lebih terbuka menuntut semua BUMN termasuk Bulog untuk beradaptasi, bertransformasi, dan berinovasi agar Bulog terus optimal dan berkontribusi dan nenjadi kekuatan untuk negeri," ujar Erick, Senin 10 Mei.

Erick menyampaikan, setiap era memiliki tantangan, perubahan, dan prioritas utamanya masing-masing. Baik di era pembangunan, globalisasi, hingga era digitalisasi saat ini, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Oleh sebab itu, upaya menjaga ketahanan pangan merupakan satu keharusan yang terus dilakukan BUMN klaster pangan. Sebab, pangan menjadi pilar utama komoditas di Tanah Air.

"Tapi ada satu hal, tetap selalu kita jaga ketahanan pangan menjadi salah satu pilar utama negara yang harus dijaga dan diperkuat. Saya percaya Bulog bisa satukan tekad untuk ketahanan pangan Indonesia," ucapnya

Jadi tantangan buat Bulog

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan pihaknya optimistis Bulog bisa menjadi perusahaan pangan yang unggul dan terdepan untuk mempertahankan kedaulatan pangan. Meskipun diakuinya tantangan bisnis pangan dari hulu ke hilir semakin besar.

Kata Budi, Bulog sudah menjadi bagian penting dalam proses pemulihan ekonomi. Itu terbukti dari terjaganya stabilitas pasokan pangan yang menjadi tugas Bulog sekaligus harga yang cenderung stabil.

"Kita bisa kelola secara baik tanpa ada gejolak, tantangan yang ada justru mendorong Bulog selalu melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja di bidang pangan," tutur Budi.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Erick Thohir Ingin Bulog Berperan dalam Pemberdayaan Petani, Dirut Buwas: Ini Tantangan Buat Kami.

Selain informasi soal Erick Thohir minta Bulog lakukan transformasi di sektor pangan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan