Berita Bali Terkini: Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Dekat Pelabuhan Gilimanuk
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali bersama sejumlah perbankan di Pulau Dewata membuka layanan kas keliling di kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. 

Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, layanan kas keliling dibuka mulai 26 hingga 28 April 2022. 

"Kami memberikan layanan kas keliling di rest area Men Tempeh, di dekat Pelabuhan Gilimanuk. Layanan dibuka dari pukul 09.00-14.00 Wita," kata Trisno, dikutip dari Antara, Selasa 26 April 2022

Pihaknya sengaja membuka layanan kas keliling di dekat pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bali dan Pulau Jawa itu, untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik yang belum sempat melakukan penukaran uang.

"Terutama bagi para pemudik yang akan masuk maupun keluar Bali dengan menggunakan jalur darat," ujar Trisno.

Bisa pesan secara online 

Ia menambahkan, bagi para pemudik yang akan melakukan penukaran di dekat Pelabuhan Gilimanuk juga harus melakukan pemesanan secara digital dengan mengakses https://pintar.bi.go.id/.

Dengan pemesanan penukaran secara digital, Trisno meyakini penukaran menjadi lebih mudah, cepat dan aman di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belum selesai.

"Bagi masyarakat yang mengalami kesulitan, kami juga akan membantu untuk mengajarkan. Intinya agar jangan sampai berkerumun atau antrean tidak terlalu panjang," ucapnya.

Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang tunai di Provinsi Bali selama Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini akan terus meningkat menjelang akhir April ini mencapai sekitar Rp2,4 triliun.

Sedangkan sebelumnya rata-rata kebutuhan uang tunai perbulan pada triwulan I-2022 hanya sebesar Rp508 miliar.

Pihaknya mencatat permintaan uang tunai di Provinsi Bali dari 1 hingga 22 April 2022 telah mencapai Rp818,6 miliar.

"Terkait dengan Idul Fitri, kami menyediakan kebutuhan uang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang cukup sebesar Rp4,9 triliun atau empat kali lebih besar dari kebutuhan perbulan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai," kata Trisno.

Selain informasi soal Bank Indonesia buka layanan penukaran uang di dekat Pelabuhan Gilimanuk, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.