Bank Indonesia Kembali Layani Penukaran Uang Baru untuk Lebaran, Cek Jadwalnya di Sini!
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

DENPASAR - Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan penukaran uang baru pada April 2022. Layanan ini dibuka untuk menyambut momentum Idulfitri 1443 H. 

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman mengatakan, pihaknya membuka dua jadwal khusus yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menukarkan uangnya.  

Jadwal penukaran uang baru 

Pertama, penukaran uang di perbankan, mulai 4 April sampai dengan 29 April 2022. Diungkapkan dia jika BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia. Angka ini bertambah 8 persen dari tahun lalu.

“Kedua, penukaran uang di mobil kas keliling BI, mulai 4 April 2022. Penukaran uang melalui kas keliling BI kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi. Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 4 April, dikutip dari VOI

Menurut Aida, pihaknya mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Hal ini tercermin juga dalam tema Ramadan maupun Idulfitri yang diusung tahun ini yakni "Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah”.

“Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H,” tutup Aida.

Artikel ini telah tayang dengan judul Catat! Jadwal Resmi Penukaran Uang Baru Bank Indonesia untuk Lebaran 2022

Selain informasi soal jadwal penukaran uang baru, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.