Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Minta Masyarakat Kedepankan Persatuan dan Gotong Royong
Presiden Jokowi saat berpidato dalam peringatan Hari Lahir Pancasila. (Dok. Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Hari ini, Selasa, 1 Juni 2021 merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Adanya peringatan ini menegaskan bahwa Pancasila adalah ideologi dasar negara.

Terkait peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia sebagai bangsa yang besar telah melayari berbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Jokowi ajak masyarakat pegang teguh nilai Pancasila

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, Jokowi meminta masyarakat untuk memegang teguh nilai Pancasila agar Indonesia dapat keluar dari masa sulit.

"Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini dan keluar sebagai pemenangnya," kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Selasa, 1 Juni.

Terpisah, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

“Pancasila sebagai ideologi yang hidup di bangsa ini, yang tumbuh dan berkembang dari bangsanya selalu terbukti menjadi penyelesai berbagai persoalan bangsa Indonesia,” kata Pramono dalam keterangannya.

Begitu juga di kala bangsa Indonesia berjuang untuk mengatasi dan bangkit dari pandemi saat ini. Pramono menilai, semangat gotong royong yang ditunjukkan segenap komponen bangsa adalah wujud dari pengamalan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Salah satu makna yang penting dan terpenting dalam Pancasila ketika menghadapi COVID-19 adalah gotong-royong. Dengan gotong-royong kita melihat bangsa Indonesia menyelesaikan banyak hal, termasuk menyelesaikan persoalan COVID-19,” tutur dia.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Kita akan Kembali Melewati Masa Sulit.

Selain informasi soal Hari Lahir Pancasila, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!