Kemenkes Prediksi Puncak Kasus Covid-19 setelah Lebaran Terjadi pada Juni
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Kementerian Keseharan memprediksi peningkatan kasus COVID-19 setelah lebaran 2021 diprediksi mencapai puncaknya pada pertengahan Juni 2021.

Wakil Menteri kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, tren kasus terkonfirmasi positif virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 di Indonesia meningkat sepekan setelah lebaran.

“Walau sejak liburan Natal dan Tahun Baru 2021 sudah mulai melandai, namun ada peningkatan sedikit demi sedikit dalam sepekan usai Lebaran sekitar 32,01 persen pada sepekan terakhir," katanya dalam agenda Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI secara virtual di Jakarta, Kamis, 27 Mei, dikutip dari Antara

Kasus COVID-19 meningkat 38 persen dalam sepekan

Dante melaporkan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dalam sepekan terakhir meningkat sekitar 38,08 persen.

Pada angka kasus kematian meningkat 2,78 persen, namun masih di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 2,05 persen. Spesimen yang diperiksa meningkat 89,98 persen.

"Namun rawat inap di rumah sakit menurun minus 0,72 persen," katanya.

Puncak kasus dari mobilitas penduduk selama liburan Lebaran, kata Dante, akan bisa teramati sekitar enam sampai tujuh pekan ke depan yang akan diukur berdasarkan hasil evaluasi analisa data pada pelaksanaan liburan Tahun Baru Islam, Natal dan Tahun Baru 2021 serta agenda liburan lainnya.

"Kalau melihat peningkatan kasus sesuai polanya, akan bisa teramati pada pekan ini mulai tanggal 23 hingga 28 Mei 2021 dan perkiraan enam sampai tujuh pekan itu kira-kira akan mencapai puncak pada pertengahan Juni 2021," ujar Dante.

Kementerian Kesehatan memperkirakan laporan puncak kasus positif COVID-19 usai Lebaran tidak akan setinggi pada agenda liburan sebelumnya.

"Kami ambil ancang-ancang kira-kira 50 persen. Semoga tidak setinggi pada liburan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, karena pemerintah sudah melakukan langkah antisipasi," katanya.

Selain informasi soal kasus COVID-19 di Indonesia, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!