Tak Perlu Unduh Aplikasi MyPertamina, Begini Cara Mendapat QR Code untuk Beli BBM Bersubsidi di SPBU
Beli BBM subsidi tanpa aplikasi MyPertamina (foto: dok. Antara)

Bagikan:

DENPASAR - Perusahaan minyak dan gas milik negara PT Pertamina (Persero) Tbk telah melakukan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dengan aplikasi Mypertamina

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebut ada 50 kendaraan yang sudah terdaftar di MyPertamina hingga 5 Juli 2022. 

Pembelian BBM berupa Pertalite dan Solar dapat menggunakan aplikasi MyPertamina yang bisa diunduh di PlayStore atau juga tanpa aplikasinya. 

Untuk Anda yang memiliki ponsel namun tidak memungkinkan untuk mengunduh aplikasinya, Anda bisa menggunakan QR Code saja.

Cara mendapatkan QR Code tanpa melalui aplikasi MyPertamina 

QR Code untuk membeli BBM bersubsidi di SPBU Pertamina bisa didapat tanpa harus mengunduh aplikasi MyPertamina di PlayStore. Namun, sebelum mendapatkan QR Code, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Begini cara mendapatkan QR Code:

  1. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dokumen seperti KTP, STNK, foto mobil tampak samping, tampak roda, tampak nomor polisi dan NPWP. 
  2. Kunjungi situs My Pertamina melalui tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/
  3. Centang informasi "memahami persyaratan".
  4. Jika Anda belum memiliki akun, silakan pilih tombol "Daftar Sekarang".
  5. Kemudian, isi data diri yang diminta sesuai dengan kolom yang tersedia. Anda akan diminta memasukkan Nama Lengkap, Foto KTP, Foto Diri, dan lainnya. 
  6. Tunggu pencocokan data maksimal hingga tujuh hari kerja. 
  7. Jika proses telah disetujui, Anda akan menerima balasan ke email yang Anda daftarkan sebelumnya. Atau, Anda bisa mengecek status pendaftaran di website secara berkala. 
  8. Jika sudah terkonfirmasi, Anda sudah bisa men-download kode QR dan menyimpannya untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Pada tahap awal ini, pemerintah akan melakukan uji coba di 11 kota di Indonesia mencakup, Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta dan Kota Sukabumi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Beli BBM Gampang, Begini Cara Mendapatkan Kode QR Tanpa Aplikasi MyPertamina

Selain informasi soal cara mendapatkan QR Code tanpa lewat aplikasi MyPertamina, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.