Harga Pertamax Naik Jadi Rp14.500 Per Liter, Pertamina: Masih di Bawah Nilai Keekonomian
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

DENPASAR - PT Pertamina (Pesero) telah menaikkan harga Pertamax (RON 92) dari Rp9.000 per liter menjadi Rp12.500 per liter. kenaikan ini berlaku sejak 1 April pukul 00.000 waktu setempaat. 

Menurut informasi di laman resmi Pertamina, BBM jenis Pertamax di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara ditetapkan sebesar Rp12.500 sementara untuk BBM jenis pertalite tidak mengalami kenaikan dan tetap di angka Rp7.650.

Untuk Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi, besaran harga Pertamax ditetapkan sebesar Rp12.750.

Kenaikan harga Pertamax masih di bawah keekonomian 

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting, mengungkapkan besaran harga ini masih berada di bawah nilai keekonomiannya.

"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, sejak tahun 2019," ujar Irto Ginting, Kamis 31 Maret, dikutip dari VOI

Dengan demikian, penyesuaian harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter ini masih lebih rendah Rp3.500 dari nilai keekonomian sebesar Rp14.500 per liter.

"Ini kita lakukan agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," ujar Irto.

Irto juga mengimbau masyarakat untuk tetap memilih BBM Non Subsidi yang lebih berkualitas.

"Harga baru masih terjangkau khususnya untuk masyarakat mampu. Kami juga mengajak masyarakat lebih hemat dengan menggunakan BBM sesuai kebutuhan," pungkas Irto.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan tertulisnya menyatakan dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April akan lebih tinggi lagi dari Rp14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp16.000 per liter.

Krisis geopolitik yang terus berkembang sampai saat ini mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas 100 dolar AS per barel. Hal ini pun mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret tercatat sebesar 114,55 dolar AS per barel atau melonjak hingga lebih dari 56 persen dari periode Desember 2021 yang sebesar 73,36 dolar AS per barel.

Artikel ini telah tayang dengan judul Resmi! Harga Pertamax Naik Rp3.500 per Liter, Pertamina: Lebih Rendah dari Harga Keekonomian dan SPBU Operator Lain

Selain informasi soal harga Pertamax naik, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.