Internasionalisasi Gerakan, IMM Gelar Latihan Intruktur Dasar di Malaysia
Kader IMM Malaysia. (DOK. PCLN IMM Malaysia).

Bagikan:

DENPASAR – Lumbung gerakan mahasiswa Muhammadiyah yang banyak memberikan kontribusi pada gerakan kemahasiswaan dan gerakan dakwah Muhammadiyah sejak 1964 hingga sekarang adalah Ikatan Mahasiwa Muhammadiyah (IMM).

Kehadiran IMM telah memberikan warna tersendiri dalam dinamika persyarikatan Muhammadiyah dan dunia aktivisme, baik secara nasional maupun internasional. Hal ini tidak lepas dari kencangnya aktivitas perkaderan dalam IMM.

Sebagai upaya internasionalisasi gerakan, IMM baru saja mengadakan Latihan Instruktur Dasar (LID) di Kuala Lumpur, Malaysia yang digelar pada 4-6 Juli 2022. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Pimpinan Cabang Luar Negeri (PCLN) IMM Malaysia.

Perkuat gerakan dakwah di Malaysia

Menurut Instruktur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMM, Muhammad Fajrus Shodiq, LID yang diinisiasi oleh PCLN IMM Malaysia bisa memperkuat gerakan dakwah mahasiswa di Negeri Jiran.

 “Perkaderan khusus IMM melalui PID (Pelatihan Instruktur Dasar) di tingkat internasional di Malaysia ini menjadi penting, karena akan melahirkan Instruktur Dasar bagi IMM Malaysia untuk memperkuat gerakan dakwah mahasiswa di Malaysia,” ujar Shodiq melalui sebuah keterangan tertulis yang diterima pada Kamis, 7 Juli 2022.

Muhammadiyah yang terkenal dengan Gerakan Berkemajuan, juga teraktualisasikan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dengan membentuk korps instruktur dasar internasional di Malaysia.

Sementara itu, Ketua IMM Malaysia, Aunillah Ahmad menyebut IMM telah ada di Malaysia sejak 2018 silam.

“semangat internasionalisasi Muhammadiyah yang telah lahir di IMM sejak 2018, diperkuat dengan keberadaan instruktur IMM Malaysia yang ada saat ini,” ucap Ainullah.

DPP IMM turut mendukung kegiatan tersebut dengan mengutus instruktur yang pakar di bidang internasiolisasi gerakan yakni Muhammad Fajrus Shodiq dan Fajrul Islam Atsauri untuk mendampingi kegiatan PID IMM Internasional.

Tujuan PID Internasional ini menurut Aunillah Ahmad, “untuk menjawab tantangan dan peluang perkaderan IMM dan keinstrukturan, dalam melakukan gerakan di dunia internasional”.

Selain informasi soal IMM Gelar Latihan Instruktur Dasar di Malaysia, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.