Firli Bahuri Tekankan Pentingnya Penerapan Pasal Pencucian Uang untuk Pelaku Korupsi: Koruptor Takut Dimiskinkan!
Firli Bahuri jadi pembicara di forum Anti-Corruption Working Group (ACWG) di Nusa Dua, Badung, Bali (Antara).

Bagikan:

DENPASAR - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menekankan pentingnya penerapan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk pelaku korupsi. 

"Sesungguhnya korupsi tidak bisa hanya ditangani dengan cara penindakan, menghukum orang. Orang tidak kapok dihukum, orang baru kapok kalau dikenakan TPPU," kata Firli dalam forum Anti-Corruption Working Group (ACWG) yang digelar di Bali pada Selasa, 5 Juli 2022 dikutip dari VOI.  

Firli sebut koruptor takut dimiskinkan

Eks Deputi Penindakan KPK ini menyebut pemberian hukuman badan seringkali tak membuat jera para pelaku korupsi. Mereka justru kerap mengulangi kesalahannya.

Sehingga, dengan mengenakan pasal pidana pencucian uang diharap mereka tak lagi mengulangi kesalahannya.

"Kami ajak semua aparat penegak hukum agar setiap tindak pidana korupsi dilekatkan dengan TPPU," ungkap Firli.

"Orang tidak takut hukuman badan tapi takut dimiskinkan," sambungnya.

Sebagai informasi, KPK belakangan ini memang kerap menjerat pelaku rasuah dengan pasal TPPU. Terbaru, Wali Kota Ambon nonaktif Richard Louhenapessy menjadi tersangka tindak pencucian uang.

Richard yang merupakan tersangka dugaan suap perizinan pembangunan gerai Alfamidi diduga menyamarkan uang haram yang diterimanya. Penyamaran ini dilakukan dengan membeli sejumlah aset yang diatasnamakan orang lain.

Tak hanya Richard, penerapan pasal TPPU juga dilakukan terhadap Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono. Hal ini dilakukan komisi antirasuah setelah menjeratnya dalam dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2019-2020 serta penerimaan gratifikasi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ingatkan Pentingnya Pasal Pencucian Uang, KPK: Orang Tak Takut Hukuman Badan Tapi Takut Miskin!

Selain informasi soal Firli Bahuri tekankan pentingnya pasal pencucian uang, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.