Jokowi Ditemani Iriana dalam Kunjungan Ukraiana, Pengamat: Ibu Negara Pertama dari Indonesia yang Ikut ke Medan Perang
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menuju Ukraina pakai kereta khusus via Polandia

Bagikan:

DENPASAR - Presiden Joko Widodo ditemani ibu negara Iriana Jokowi saat bertolak ke Kyiv, Ukraiana. Rombongan Presiden berangkat melalui Polandia pada Rabu, 29 Juni sekitar pukul 04.15 WIB menggunakan kereta yang disediakan oleh pemerintah Ukraina. 

Menurut pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib, Iriana adalah ibu negara pertama dari Indonesia yang ikut ke medan perang.

Dia menilai keberanian Ibu Iriana ini bahkan melebihi Ibu Tien Soeharto yang pada saat kunjungan Soeharto ke Bosnia 1995 tidak diikutsertakan.

"Misi benar, berani, berhasil," kata Direktur Lembaga Strategi Inteligensia Indonesia itu di Jakarta, Rabu 29 Juni.

Makna Iriana dampingi Jokowi ke Ukraina 

Ridlwan menilai ada tiga makna atau alasan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut dalam kunjungan bersejarah ke Ukraina.

"Pertama, ini merupakan simbol diplomasi damai atau soft diplomacy dari Pak Jokowi. Untuk menunjukkan bahwa Indonesia beriktikad baik dengan simbol mengajak istri atau ibu negara," imbuhnya disitat Antara.

Menurut dia, sisi keibuan atau sisi kewanitaan Ibu Negara identik dengan makna damai, lembut, dan antikekerasan.

"Maknanya dalam karena menonjolkan sisi diplomasi lembut seorang Ibu," ucapnya.

Apalagi, lanjut dia, Indonesia juga membawa bantuan kemanusiaan atau humanitarian aid yang dibawa serta dalam rangkaian kereta api.

Makna yang kedua, Presiden Jokowi menunjukkan kepada dunia internasional bahwa dukungan nyata harus diwujudkan dalam bentuk keberanian bertindak.

"Presiden Jokowi sangat berani karena mengajak Ibu Iriana memasuki suatu negara yang dilanda perang. Risikonya sangat tinggi, tapi tetap mantap masuk," tutur pengamat militer dan intelijen UI itu.

Makna ketiga, kata dia, Ibu Iriana adalah sumber kekuatan dan kemantapan hati seorang Presiden dalam melangkah. Dalam terminologi Jawa, menurut dia istri disebut "garwa", sigaraning nyawa, separuh nyawa. "Maka wajib diajak sebagai sumber kekuatan," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pengamat Militer Sebut Iriana Jokowi Jadi Ibu Negara Pertama dari Indonesia yang Ikut ke Medan Perang

Selain informasi soal Iriana Jokowi jadi ibu negara pertama dari Indonesia yang ikut ke medan perang, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.