Berita Bali Terkini: Jokowi Tegaskan Indonesia Siap Berikan Bantuan Kemanusiaan untuk Ukraina
Presiden Jokowi. (dok BPMI Setpes/Muchlis)

Bagikan:

DENPASAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh upaya perdamaian konflik Rusia-Ukraina. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, dirinya sudah menyampaikan dukungan tersebut kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi menuturkan, Indonesia siap terlibat dalam pembicaraan negosiasi damai delegasi Ukraina dan Rusia.

"Kemarin saya berbicara dengan Presiden @ZelenskyyUa dari Ukraina. Saya kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan perdamaian berhasil," kata Jokowi melalui akun Twitternya, @jokowi. 

Indonesia janjikan bantuan kemanusiaan 

Selain ingin mengambil peran dalam upaya pencarian pemecahan secara damai antara Rusia dan Ukraina, Jokowi menjanjikan pengiriman bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke wilayah terdampak perang kedua negara tersebut.

"Siap memberikan bantuan kemanusiaan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, komunikasi antara Indonesia dengan Ukraina disampaikan Presiden Volodymyr Zelensky lewat akun resmi Twitternya pada Rabu 27 April.

Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang memberikan dukungan kedaulatan terhadap Ukraina dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Telah berbicara dengan Presiden @Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas," cuit Zelensky.

Selain itu, Presiden Zelensky mengucapkan terima kasih lantaran undangan Indonesia kepada Ukraina agar datang dalam forum pertemuan G20.

"Terima kasih telah mengundang saya ke KTT G20," sambung Zelensky.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi: Indonesia Siap Memberikan Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

Selain informasi soal Jokowi sebut Indonesia siap berikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.