Perhatikan! Begini Cara Minum Obat yang Benar saat Puasa
Ilustrasi (Freepik/Kroshka Nastya)

Bagikan:

DENPASAR - Saat ini, seluruh umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Nah, bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan tertentu dan diharuskan minum obat, ada panduan minum obat yang benar agar tidak sampai membatalkan puasa. 

Mengutip laman Kemenkes RI, begini anjuran minum obat saat menjalankan puasa Ramadan.

1. Minum obat 1 kali sehari, saat sahur atau berbuka

Apabila resep obat diminum sekali sehari, Anda bisa mengonsumsi obat saat sahur atau berbuka. Bisa memilih salah satu dari waktu tersebut sehingga tidak membatalkan puasa dan kesehatan tetap terjaga.

2. Diminum saat sahur dan berbuka

Berbeda dengan sebelumnya, jika obat harus diminum dua kali sehari maka bisa diminum saat berbuka dan sahur. Setelah berbuka puasa, Anda bisa meminum obat yang pertama dan yang kedua sebelum memasuki waktu imsak.

3. Beri jeda 5 jam 

Tak perlu risau, bagi Anda yang harus minum obat tiga kali sehari. Menurut anjuran Kemenkes, Anda bisa memberi jarak setiap 5 jam dalam minum obat. Jarak tersebut terhitung dari mulai berbuka hingga sahur. Obat tersebut dapat diminum pukul 18.00, 23.00, dan 04.00.

4. Jarak 30 menit sebelum makan besar

Beberapa jenis obat, diresepkan untuk diminum sebelum makan besar. Nah, Anda bisa menyiasati dengan minum obat sebelum makan saat berbuka dan sahur dengan jarak 30 menit.

5. Jarak 5-10 menit setelah makan

Jika obat harus diminum setelah makan, beri jarak sekira 5-10 menit. Anjuran ini bisa Anda praktikkan sesuai dengan resep yang diberikan.

Anjuran terakhir, untuk obat yang harus diminum lebih dari 3 kali sehari artinya perlu diminum antara 6-8 jam sekali. Bagi Anda yang mendapatkan resep minum obat ini, maka tidak memungkinkan untuk menjalankan puasa. Terutama bagi yang harus mengonsumsi antibiotik atau jenis obat lainnya dari dokter. Untuk itu, konsultasikan pada dokter atau ahli supaya mendapatkan solusi paling tepat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Minum Obat Rutin saat Menjalankan Puasa, Ikuti 6 Anjuran Kemenkes RI

Selain informasi soal cara minum obat yang benar saat puasa, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.