Saat Prabowo Beri Cendera Mata Keris Bali untuk Presiden Prancis Macron
Prabowo Subianto memberikan cendera mata kepada Presiden Prancis Macron. (Intagram Kemhan RI).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Istana Élysée, Paris.

Dalam pertemuan itu, Menhan Prabowo dan Presiden Macron membicarakan kelanjutan hubungan kerja sama pertahanan antara RI dan Prancis yang selama ini telah berjalan dengan baik.

Ada pun dibahas mengenai kelanjutan rencana pembelian pesawat jet Rafale dan kapal selam Scorpene dari Prancis yang telah disepakati kedua negara pada 10 Februari lalu dengan disaksikan oleh Menhan kedua negara di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Prabowo beri cendera mata keris Bali untuk Presiden Macron

Di penghujung pertemuan, Prabowo Subianto memberikan cendera mata senjata tradisional asli Nusantara, yakni Keris Bali kepada Presiden Macron.

Ini bukan kali pertama Prabowo memberikan souvenir kepada petinggi negara Prancis.

Sebelumnya, Prabowo pernah memberikan kenang-kenangan kepada Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis, Florence Parly saat berkunjung ke Indonesia.

Dikutip dari keterangan Biro Humas Setjen Kemhan, salah satu cendera mata yang diberikan Prabowo kepada Parly yakni pistol G2 Elite produksi PT Pindad yang bertuliskan nama lengkap Parly. Pistol itu berwarna putih dan emas, diletakkan di dalam kotak berwarna merah.

Dalam situs PT Pindad disebutkan pistol ini memiliki kaliber 9 x 19 mm parabellum dan memiliki magazine yang mampu untuk menampung 15 butir peluru.

Pistol ini memiliki keunggulan berupa pisir belakang yang bersifat adjustable. Dengan panjang laras 5 inchi, akurasi yang dihasilkan tidak dapat diragukan.

Selain itu, Prabowo juga memberikan syal batik yang tampak langsung dikenakan oleh Parly. Pada sebelum pertukaran cendera mata, Menteri Parly terlihat mengenakan syal beraksen putih dan biru. Ia kemudian mengganti syalnya dengan yang diberikan oleh Prabowo, yaitu syal batik beraksen cokelat dan biru tua.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menhan Prabowo Bertemu Presiden Prancis Macron, Beri Cenderamata Keris Bali.

Selain informasi soal Prabowo beri cinderamata keris Bali untuk Presiden Prancis Macron, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.