Mentan Syahrul Yasin Limpo: Stok Pangan Aman Selama PPKM Darurat
Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok pangan nasional selama penerapan PPKM Darurat untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali, dalam kondisi aman dan terkendali.

Stok beras Indonesia masih ada 7 juta ton

Syahrul mengatakan, sejauh ini masih ada cadangan beras yang cukup untuk seluruh Indonesia hingga mencapai tujuh juta ton.

"Alhamdulillah (stok pangan) cukup terkendali dengan baik. Kita masih punya stok cadangan pangan 2020, yakni sekitar tujuh juta ton," kata Mentan Syahrul usai pertemuan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sulsel, Kamis, 8 Juli, dikutip dari Antara

"Kita juga akan segera memasuki musim tanam kedua pada Agustus sampai September. Jika melihat kondisi ini, hampir semua berjalan dengan baik," lanjut mantan Gubernur Sulsel dua periode itu.

Ia menjelaskan, ketersediaan bahan pangan dalam kondisi aman karena menjadi pengendalian Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Kita masih memiliki cadangan beras cukup kuat, baik yang ada pada pengendalian langsung oleh Bulog, pada semua RMU (Rice Mile Unit) yang ada, maupun yang dalam penanganan Pemda, provinsi maupun kabupaten," ujarnya.

"Untuk itu, dalam suasana penerapan PPKM atau pembatasan, kondisi pangan kita tetap baik," sambung dia.

Ia juga mengaku sudah ada perintah Presiden Joko Widodo untuk secara rutin melakukan mengecek ketersediaan pangan. Bahkan hampir setiap minggu dicek oleh bapak presiden.

"Kemarin dalam virtual komunikasi dengan bapak Presiden betul-betul meminta agar pengendalian pangan untuk kebutuhan nasional dan rakyat, sepenuhnya di bawah kendali beberapa menteri untuk disiapkan dengan maksimal," jelasnya.

Selain informasi soal stok pangan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!