Indonesia Tekankan Pentingnya Transparansi Perpajakan di Forum G20
Ilustrasi (Foto: Panitia Nasional Presidensi G20 Indonesia)

Bagikan:

DENPASAR – Pemerintah Indonesia menekankan pentingnya kerja sama internasional di bidang transparansi perpajakan (tax transparency) dan Exchange of Information (EOI) dalam pertemuan Asia Initiative yang pertama.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Presidensi G20 di Jakarta. Asia Initiative meeting mengambil tema Sustaining the Recovery through Enhanced Tax Transparency dan dilakukan secara hybrid.

“Langkah ini diharapkan bisa mengakselerasi mobilisasi pendapatan domestik dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID19,” ujar Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Suryo Utomo dikutip dari VOI, Kamis, 17 Februari.

Optimalkan potensi penerimaan pajak

Menurut Suryo, kolaborasi sangat dibutuhkan untuk bisa mengoptimalkan potensi penerimaan yang terkadang berada di luar wilayah yurisdiksi negara asal.

“Kami turut mengajak negara-negara di Asia untuk ikut bergabung ke dalam Asia Initiative dan mendapatkan manfaat dari kerja sama di bidang transparansi perpajakan dan EOI,” tutur dia.

Selain pemimpin otoritas pajak dari 5 negara Asia anggota G20, pertemuan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Global Forum on Transparency and Exchange of Information for Tax Purposes (Global Forum).

Kemudian, hadir pula pemimpin otoritas pajak dari 13 negara Asia anggota Global Forum, dan beberapa lembaga internasional seperti Asian Development Bank (ADB), World Bank serta Study Group on Asian Tax Administration and Research (SGATAR).

Adapun, peluncuran kegiatan Asia Initiative telah dilaksanakan pada acara Plenary Meeting of the Global Forum pada tanggal 17 November 2021, di mana Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Presiden ADB Masatsugu Asakawa memberikan dukungan atas pembentukan Asia Initiative ini.

Artikel ini telah tayang dengan judul Indonesia Ajak Negara G20 dan Mitra di Asia untuk Tingkatkan Transparansi Perpajakan.

Selain informasi soal pemerintah Indonesia tekankan pentingnya transparansi perpajakan di forum G20, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!