Panglima TNI, Pemuka Agama dan Akademisi Universitas Cendrawasih Bahas Perdamaian di Papua
Tangkapan layar Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Muhammad Zulfikar/Antara)

Bagikan:

DENPASAR – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjalin pertemuan dengan tokoh agama dan akademisi Universitas Cenderawasih untuk membahas  upaya-upaya perdamaian di Papua.

Pertemuan tersebut digelar di Markas Kodam XVII/Cenderawasih pada Rabu, 29 Desember 2021.

"Saya punya keinginan damai dan itu harus karena kita ini manusia," kata Jenderal Andika, dikutip VOI BALI dari Antara.

Panglima TNI lakukan perubahan internal untuk atasi konflik di Papua

Sebagai orang nomor satu di tubuh TNI, Jenderal Andika Perkasa mengatakan telah melakukan sejumlah perubahan ke internal TNI dalam menjalankan tugas di Bumi Cenderawasih.

Setelah menerima masukan-masukan dari para pemuka agama termasuk akademisi Universitas Cenderawasih, Panglima TNI berupaya akan berkomunikasi dengan pejabat dan petinggi negara di ibu kota untuk membicarakan persoalan Papua.

"Pertemuan dengan pemuka agama di wilayah Papua memberikan informasi baru bagi TNI untuk menyelaraskan upaya kami dalam menyelesaikan permasalahan di Papua," ujarnya.

Sementara itu, Guru Besar Hukum Universitas Cenderawasih, Prof Melkhias Hetharia mengatakan persoalan pelanggaran hak asasi manusia di Papua harus segera dituntaskan agar tidak menghambat pembangunan di Papua.

"Pelanggaran hak asasi manusia tersebut membuat kristalisasi terhadap ideologi Papua Merdeka," kata dia.

Senada dengan itu, Rektor Universitas Cenderawasih, Apolo Safano mengatakan pihaknya dan para pemuka agama akan membantu dan memberikan solusi untuk penyelesaian konflik di Papua.

Artikel ini telah tayang dengan judul Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Pemuka Agama Bahas Upaya Perdamaian di Papua.

Selain informasi soal Panglima TNI bahas upaya perdamaian Papua dengan tokoh agama, simak perkembangan situasi terkini hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!