Begini Instruksi Mahfud MD untuk TNI-Polri dalam Menghadapi Kelompok Separatis Bersenjata di Papua
Menkopolhukam Mahfud MD/Antara

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD minta TNI dan Polri mengambil langkah terukur saat menghadapi kelompok separatis bersenjata di Papua, khususnya di Kabupaten Intan Jaya.

"Saya minta aparat TNI dan Polri melakukan tindakan terukur agar tidak terjadi korban masyarakat sipil," kata Mahfud kepada wartawan, Senin, 1 November.

Selaku Menko Polhukam, Mahfud memastikan dirinya terus memantau perkembangan di tengah masyarakat termasuk di Papua yang disampaikan oleh TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN). Tak hanya itu, dia juga selalu mendengarkan seruan perdamaian yang disampaikan sejumlah pihak termasuk dari Keuskupan Timika hingga LBH Papua.

Warga sipil dijadikan tameng

Hanya saja, Mahfud menganggap banyaknya korban jiwa itu terjadi karena kelompok separatis selalu menjadikan warga sipil sebagai tameng saat melakuan serangan.

"Sebenarnya seperti masyarakat tahu, Polri dan TNI sudah sangat berhati-hati melindungi warga sipil. Tapi seperti anda tahu, OPM itu selalu menyerang dari belakang dan menjadikan warga sipil sebagai tameng dan korban," tegas eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Untuk membahas masalah itu, Mahfud mengatakan pihaknya akan mengikuti rapat di bawah koordinasi Wakil Presiden. Ada sejumlah agenda yang akan dibahas dalam rapat tersebut mulai dari urusan situasi keamanan hingga perkembangan penanganan kesejahteraan di Papua.

"Sebenarnya penanganan yang rutin sudah ada standar atau prosedurnya. Tapi secara khusus Senin pagi kami akan rapat di bawah pimpinan Wakil Presiden baik berdasarkan Perpres Nomor 19 Tahun 2020 maupun UU Nomor 2 Tahun 2021 terkait Dewan Papua, pimpinan pembangunan di Papua adalah Wapres," ujar Mahfud.

"Kami akan terus berkoordinasi melalui kantor Wapres," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Warga Dijadikan Tameng dan Menyerang dari Belakang, Ini Perintah Mahfud ke TNI-Polri di Papua.

Selain informasi soal intruksi Mahfud MD untuk TNI-Polri, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!