<i>Ladies</i>, Ini 4 Tips Menghindari Iritasi Kulit Akibat Penggunaan Retinol
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit alias skincare.

Retinol befungsi sebagai anti-aging, karena dapat meningkatkan produksi kolagen, mempercepat pergantian sel, dan mengurangi penampakan keriput. Selain itu, retinol juga bisa menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit kusam.

Hanya saja, penggunaan retinol bisa menimbulkan efek samping, antara lain kulit kemerahan, kering, mengelupas, iritasi, serta sensasi kulit terbakar.

Meski menimbulkan banyak efek samping, namun Anda tidak perlu takut untuk mencobanya. Sebab, ada tips menghindari iritasi kulit akibat penggunaan retinol.

Dikutip dari laman Beautified, Minggu, 8 Agustus, berikut cara mengindari iritasi kulit akibat pemakaian retinol.

Gunakan skincare “peredam”

Karena retinol meningkatkan sensitivitas kulit, Anda perlu skincare yang dapat “meredamnya”. Pilih produk dengan manfaat hidrasi dan menenangkan. Cari yang mengandung hyaluronic acid, glycerine, aloe, atau oat. Di saat yang sama, kurangi pemakaian skincare dengan kandungan aktif, seperti AHA/BHA, salicylic acid, dan benzoyl peroxide yang membuat kulit kering.

Aplikasikan teknik sandwich

Seperti sandwich, mengapit bahan utama dengan dua bahan lain. Caranya yakni memakai moisturizer sebelum dan sesudah pakai retinol. Sehingga retinol di-sandwich oleh dua layer moisturizer. Meski terkesan berlebihan, teknik ini cukup membantu mencegah iritasi pemakaian retinol apalagi bagi kulit sensitif.

Aplikasikan teknik kontak singkat

Cukup lakukan kontak singkat dengan retinol. Caranya: aplikasikan retinol pada kulit bersih, biarkan selama 30 menit – 1 jam, lalu cuci muka bersihkan. Cara ini membantu kulit “menerima” retinol secara bertahap hingga nanti seutuhnya dapat memakai retinol semalaman. Dengan begini iritasi pemakaian retinol dapat dicegah.

Alternatif Pengganti Retinol

Anda bisa menggunakan bakuchiol sebagai kandungan pengganti retinol. Studi membuktikan bahwa bakuchiol memiliki manfaat serupa retinol, yakni meningkatkan elastisitas kulit, mencegah munculnya keriput, dan mencerahkan kulit. Bakuchiol tidak menimbulkan iritasi seperti retinol. Itulah sebabnya, bakuchiol merupakan skin care anti-aging yang lebih ringan dibanding retinol.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Penggunaan Retinol yang Tepat untuk Hindari Kulit Iritasi.

Selain informasi soal tips menghindari iritasi kulit akibat penggunaan retinol, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!