Dinkes Denpasar Mulai Distribusikan Vaksin Moderna ke RS dan Puskesmas
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Bali mulai mendistribusikan vaksin Moderna ke rumah sakit dan puskesmas.

Rencananya, vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga medis sebanyak 10.991 orang.

"Kami mengambil vaksin ketiga di Dinkes Bali untuk fasyankes di wilayah Kota Denpasar. Jumlah sasarannya ada 10.991 orang dengan vaksin jenis Moderna," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Ni Luh Sri Armini dikutip Antara, Senin, 2 Agustus.

Sri Armin mengatakan penyaluran vaksin ke beberapa rumah sakit hingga puskesmas dilakukan mulai Senin, 2 Agustus 2021.

Denpasar dapat vaksin Moderna paling banyak

Dia menyebut, Kota Denpasar memperoleh jumlah dosis terbanyak yaitu 770 vial dibandingkan kabupaten lain.

"Iya terbanyak di Denpasar, Bali yang jelas kami tetap mengutamakan nakes yang memang langsung memberikan pelayanan ke masyarakat dan yang menangani pasien COVID," katanya.

Sri Armin menegaskan seluruh nakes wajib divaksin untuk dosis ketiga ini. Hal ini karena nakes bersentuhan langsung dengan pasien COVID-19, sehingga dengan vaksin ini bisa melindungi nakes tersebut.

"Wajib (nakes) divaksin kalau sudah memenuhi syarat itu wajib karena mereka bersentuhan langsung dengan pasien dan nanti enggak tahu mereka (pasien) OTG atau tidak. Jadi itu riskan sekali," sambungnya.

Untuk proses vaksinasi diharapkan bisa dilakukan di masing-masing lokasi fasilitas kesehatan sehingga lebih cepat dan efisien.

Vaksinasi ketiga dilakukan di masing-masing lokasi fasilitas kesehatan, berlaku untuk seluruhnya baik rumah sakit swasta maupun negeri dan puskesmas.

"Masing-masing fasilitas kesehatan akan melaksanakan vaksinasi agar lebih efektif efisien dan tidak lagi ke sana kemari jadi susah nanti. Jadi di tempatnya bekerja itu yang jadi fasyankes vaksinator," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bali, sebanyak 40.786 tenaga kesehatan di wilayah Bali akan mengikuti vaksinasi ketiga dengan vaksin Moderna.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dinkes Denpasar Mulai Salurkan Vaksin Moderna ke RS dan Puskesmas.

Selain informasi soal vaksin Moderna, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!