Waspada! BMKG Sebut Wilayah Sumba-Sabu NTT Berpotensi Mengalami Banjir Rob pada Rabu Besok
Ilustrasi banjir rob. (ANTARA-HO-Dok. Syahdan Ana'Same)

Bagikan:

DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat yang tinggal di Pulau Sumba dan Pulau Sabu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mewaspadai banjir rob yang berpotensi terjadi pada Kamis, 11 Agustus 2022 besok. 

"Potensi fenomena banjir pesisir diprediksi terjadi pada Kamis, 11 Agustus 2022 sehingga kami mengimbau masyarakat di wilayah berpotensi terdampak agar lebih waspada," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Syaeful Hadi, dikutip VOI dari Antara.

Penyebab fenomena banjir rob di Sumba dan Sabu  

Ia menjelaskan potensi rob disebabkan adanya fenomena fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 10 Agustus 2022.

Kondisi ini, kata dia dapat menyebabkan meningkatnya ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Syaeful menjelaskan, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, kondisi yang ada mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah NTT berupa banjir pesisir di wilayah Pulau Sumba dan Pulau Sabu Raijua.

Ia mengatakan ancaman banjir pesisir dapat berdampak pada berbagai aspek seperti terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Selain itu mengganggu aktivitas petani garan dan perikanan darat serta kegiatan bongkar-muat di pelabuhan.

Syaeful mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak kerugian akibat banjir pesisir.

"Kami juga menyarankan agar masyarakat terus memperbaharui informasi cuaca maritim terbaru yang disampaikan BMKG untuk memahami kondisi di lingkungan sekitarnya," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Peringatan Dini BMKG Besok 11 Agustus, Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Sumba-Sabu NTT

Selain informasi soal wilayah Sumba-Sabu NTT berpotensi alami banjir rob, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.