Turis Asing yang Keluhkan Antrean 5 Jam di Bandara Ngurah Rai Lewat Blog Diminta Tinggalkan Bali
Kepala Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Bali, Anggiat Napitupulu/DOK Humas Kemenkum HAM Bali

Bagikan:

DENPASAR - Seorang turis asing asal Jerman bernama Sebastian Powel yang menulis artikel soal antrean lima jam saat mengurus dokumen ke imigrasian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, diminta untuk segera meninggalkan Bali atau wilayah Indonesia sebelum masa Visa on Arrival (VOA)nya berakhir. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Anggiat Napitupulu pada Senin, 1 Agustus 2022. Dia mengatakan apa yang disampaikan Sebastian telah menimbulkan multi tafsir bagi banyak orang. 

"Sebastian kita beri teguran sehingga dia memiliki visa on arrival yang tadinya 30 hari, kita minta sebelum 30 hari harus meninggalkan Bali atau wilayah Indonesia," kata Anggiat, Senin, 1 Agustus, dikutip dari VOI

Sebastian Powel tak tuliskan pengalaman pribadinya 

Menurutnya artikel yang ditulis bule Jerman itu rupanya bukan berdasarkan pengalaman pribadinya. Sebastian tak bisa memastikan kapan dan di mana terjadinya antrean 5 jam itu.

"Yang bersangkutan hanya menceritakan apa kata orang, tapi dia tidak bisa memastikan kapan itu terjadi, di mana itu terjadi,” sambung Anggiat.

Keterangan ini diketahui setelah Kemenkum HAM Bali meminta keterangan langsung bule Jerman tersebut.

"Yang bersangkutan sudah kita minta keterangan. Saat ini yang bersangkutan masih ada di Bali," ujarnya.

Dari penelusuran imigrasi, bule Jerman yang tiba di Bali dari Bangkok, Thailand ini menghabiskan waktu sekitar satu jam sejak turun pesawat hingga menjalani pemeriksaan imigrasi.

"Dari hasil pemeriksaan CCTV, hanya 53 menit," jelasnya.

"Yang bersangkutan sama sekali tidak mengalami seperti yang dia sampaikan di vlog-nya,” sambung Anggiat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bule Jerman yang Tulis Antrean 5 Jam di Bandara Ngurah Rai Diminta Imigrasi Tinggalkan Bali

Selain informasi soal turis asing yang keluhkan antran 5 jam di Bandara Ngurah Rai lewat blog diminta tinggalkan Bali, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.