Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat
Ilustrasi (Paul Bradburry/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Cuaca yang tidak menentu bisa membuat badan menjadi meriang dan kedinginan. Rasa meriang ini kerap disertai dengan munculnya penyakit pilek yang bisa membuat hidung tersumbat. Hidung tersumbat terjadi akibat jaringan di dalam hidung terganggu. 

Selain terjadi akibat alergi, hidung tersumbat juga disebabkan oleh udara kotor yang membuat peradangan pada saluran hidung. Ketika terjadi peradangan, hidung akan memproduksi lendir untuk mengeluarkan semua yang mengganggu pernapasan. Lendir inilah yang membuat hidung menjadi tersumbat.

Berbagai obat dapat dikonsumsi untuk mengobati hidung tersumbat. Namun, ada juga cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat yang dapat Anda lakukan di rumah. Berikut beberapa cara alami atasi hidung tersumbat.

Menghirup Uap Air Panas 

Cara alami atasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan sangat sederhana yaitu menggunakan uap yang berasal dari air panas. Uap air dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung dan membantu mengeluarkannya. Dengan menghirup uap air panas, hidung mampet akan jadi lega seketika. Anda hanya perlu menyiapkan baskom, air panas, dan handuk. Pertama, tuang air panas ke dalam baskom.

Kemudian, posisikan kepala ke atas baskom lalu tutup bagian kepala dengan handuk. Hirup dengan perlahan-lahan uap yang keluar dari air panas dalam baskom. Anda bisa melakukan cara ini 3-4 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain menghirup uap air panas dari baskom, cara alami atasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat secara menyeluruh dan membantu proses pengenceran lendir pada hidung.

Perbanyak Minum Air Putih

Hidung tersumbat menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan minum banyak air putih. Mengonsumsi air putih juga dapat membantu mengencerkan lendir, mendorong cairan untuk keluar dari hidung, dan mengurangi tekanan di sinus.

Ketika tekanan di sinus semakin kecil maka peradangan dan iritasi di saluran hidung juga akan semakin sedikit. Air putih dengan suhu hangat sangat dianjurkan karena dapat membantu mengurangi kekentalan lendir. Dengan demikian, lendir akan keluar Anda bisa bernapas dengan lebih lega.

Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal seperti teh peppermint dengan kandungan utama mentol dapat menggantikan peran obat dekongestan secara alami. Diseduh dengan air hangat dan dikonsumsi secara perlahan mampu melegakan saluran hidung yang tersumbat serta mengurangi peradangan pada hidung.

Teh herbal dapat dikonsumsi sebanyak satu hingga lima cangkir dalam sehari untuk hasil yang lebih efektif. Selain sebagai salah satu cara alami mengatasi hidung tersumbat, teh herbal juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tidak rentan terpapar penyakit. 

Menyesuaikan Posisi Tidur

Bernapas dengan hidung tersumbat ketika tidur tentu sangat tidak nyaman dan akan mengganggu kualitas tidur. Anda dapat mengatasi hidung tersumbat saat tidur dengan menyesuaikan posisi tidur. Hidung tersumbat saat tidur dapat diatasi dengan menumpuk bantal hingga posisi kepala lebih tinggi. Posisi seperti ini dapat membantu mengurangi tekanan di kepala dan menyebabkan sumbatan pada saluran hidung keluar. 

Posisi tidur yang perlu Anda hindari ketika sedang mengalami hidung tersumbat adalah telentang. Lendir yang menumpuk pada hidung akan statis pada saluran pernapasan dan mengganggu proses keluar masuk udara. Tidur dengan posisi terlentang akan meningkatkan aliran pada pembuluh darah di hidung, sehingga menyebabkan hidung semakin tersumbat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hidung Tersumbat, Ini 4 Tips Mengatasinya Tanpa Obat

Selain informasi soal cara mengatasi hidung tersumbat, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.