Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Biang Keringat
Ilustrasi biang keringat (Ipopba/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR - Cara mengatasi biang keringat wajib diperhatikan, mengingat penyakit ini kerap dialami oleh seseorang yang tinggal di negara beriklim tropis. 

Biang keringat dalam istilah medis disebut milaria. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam-ruam merah pada kulit yang berukuran kecil. Selain itu, penderita biang keringat juga kerap merasakan sensasi gatal dan panas di kulit. 

Biang keringat bisa terjadi oleh siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Biang keringat biasanya terjadi di berbagai bagian tubuh, mulai dari tangan, punggung, sampai jerawat di wajah.

Dikutip VOI dari HerWorld, berikut cara mengatasi biang keringat. 

Gunakan kayu cendana

Cara mengatasi biang keringat adalah dengan menggunakan kayu cendana. Ini adalah obat tradisional yang telah teruji untuk melawan biang keringat.

Untuk menggunakannya, cukup campurkan cendana dengan susu dingin yang dioleskan pada kulit hingga mengering. Setelah itu, cuci bersih dengan air dingin. Sangat penting untuk menyelamatkan kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Minyak alami yang terkandung dalam cendana ini mampu membantu menghilangkan jamur pada kulit serta biang keringat.

Kenakan pakaian longgar

Tak hanya menggunakan beberapa bahan di atas saja, biang keringat bisa diobati dengan menggunakan pakaian longgar dengan bahan tipis, sejuk, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Sebab, penggunaan pakaian yang longgar di iklim tropis seperti Indonesia ini mampu menjaga sirkulasi udara dan tubuh agar tetap sejuk dan tidak mudah berkeringat sehingga biang keringat tidak mudah muncul.

Oleskan lidah buaya

Selain itu, biang keringat dapat diobati dengan menggunakan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis masalah kulit, salah satunya biang keringat. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil daging lidah buaya yang berwarna putih lalu oleskan pada kulit yang terkena biang keringat minimal satu kali dalam sehari. Lakukan secara rutin agar biang keringat cepat teratasi. 

Kompres es atau air dingin

Biang keringat disebabkan karena kondisi tubuh yang panas dan memproduksi keringat berlebih. Agar tubuh terasa lebih sejuk, maka Anda bisa mengompresnya dengan es batu karena mampu membantu meredakan kulit kemerahan dan iritasi seperti biang keringat.

Kompres air dingin bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Kain yang direndam dalam air dingin atau es yang dibungkus dengan kain dapat mengurangi rasa sakit terkait dengan biang keringat. Jadi, tempelkan segera kantong es yang dibungkus handuk ke bagian ruam pada kulit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Musim Panas Rawan Biang Keringat, Ini Cara Mengobatinya agar Cepat Hilang

Selain informasi soal cara mengatasi biang keringat, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.