5 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur di Malam Hari, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi anak tidur. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Cara mengatasi anak susah tidur wajib diketahui oleh orang tua, sebab, kurang tidur tidak baik untuk kesehatan si kecil.

Anak yang kurang tidur biasanya lebih rewel, suka menangis, dan sering marah. Pada anak-anak yang berusia di bawah 4 tahun, kurang tidur akan membuat mereka lebih mudah mengalami tantrum. Sementara pada anak-anak usia sekolah menengah, tidur di bawah 6 jam berisiko menyebabkan kecemasan dan depresi.

Perlu diketahui, jam tidur anak lebih lama dari orang dewasa, yaitu  11-13 jam untuk anak usia 2-6 tahun, dan 10-11 jam untuk anak usia 6-10 tahun.

Bila anak susah tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak lebih mudah tidur di malam hari. Apa saja?

Batasi tidur siang anak

Anak-anak memang disarankan untuk tidur setiap. Namun, batasi agar jam tidur siangnya tidak lebih dari dua jam, pun jangan terlalu sore agar tidak berdekatan dengan waktu istirahat malam.  Orang tua juga bisa mengatur waktu tidur siangnya, misalnya setiap pukul 12 siang setiap hari.

Jam tidur sama setiap hari

Selain tidur siang, anak juga perlu waktu tidur malam yang sama setiap harinya. Waktunya bisa disesuaikan dengan kebiasaan, misalnya mulai pukul 7, 8, atau 9 malam. Seperti pada orang dewasa, pola yang teratur akan membuatnya terbiasa untuk tidur pada waktu yang biasa dijalankan sehari-hari.

Jadi, meski masih ada kegiatan lain, seperti bermain, nonton film, atau ada saudara menginap di rumah, jika sudah waktunya tidur, jangan biarkan anak begadang ya!

Siapkan ruangan tidur yang tenang

Sebaiknya hindari memberikan televisi di kamar anak agar ketika ia sudah di kamar, berarti waktunya untuk tidur. Menonton film di kamar bisa membuat anak jadi terjaga dan sulit memejamkan mata. Kamar anak sebaiknya sudah disiapkan memang untuk tidur, seperti lampu yang redup, tempat tidur rapi dan bersih, suhunya nyaman, dan pastinya tenang.

Bersiap untuk tidur sebelum waktunya

Mulai dari 30 menit sebelum tidur, mulai persiapkan anak untuk beristirahat. Segera hentikan kegiatan makan, minum, belajar, bermain, dan menonton. Ajak anak untuk ke kamar dan langsung di posisi tidur. Jika anak sudah biasa tidur sendiri, orang tua bisa langsung meninggalkannya sendirian. Bisa juga membawa anak ke tempat tidur jika ia mulai terlihat mengantuk.

Menemani anak

Anak belum berani tidur sendiri? Orang tua bisa menemaninya sampai ia benar-benar terlelap sebelum meninggalkannya tidur sendirian. Sambil menemani, bisa menyanyikan lagu anak-anak atau membacakan dongeng sambil menepuk-nepuk kepalanya sampai ia mengantuk lalu memejamkan mata.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul 5 Tips Menyiasati Anak Sering Susah Tidur Malam.

Selain informasi soal cara mengatasi anak susah tidur di malam hari, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!