Pemprov Bali Ingin Jalin Kerja Sama dengan Jepang di Sektor Pertanian
Ilustrasi (Bollvils-Pixabay)

Bagikan:

DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali berkeinginan menjalin kerja sama di sektor pertanian dengan Jepang. 

hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menerima audiensi Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo beserta peserta Delegasi Bisnis Jepang dan Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Kementerian Investasi/BKPM.

"Sektor pertanian juga menjadi perhatian Pemprov Bali. Saat ini, Bali sedang gencar untuk menerapkan sistem pertanian organik. Oleh karena itu, kami harapkan kerja sama dalam pengembangan sektor pertanian," kata Wagub Bali, dikutip dari Antara, Jumat, 1 April 2022. . 

Cok Ace-sapaan akrab Wagub Bali, menyambut baik para delegasi bisnis Jepang yang ingin berinvestasi di Bali, terlebih hubungan Bali dengan Jepang memang telah terjalin sudah lama dan sangat baik.

"Saat ini isu kesehatan, pertanian dan energi terbarukan memang menjadi isu utama bagi Pemprov Bali. Sedangkan untuk pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus di Sanur merupakan kewenangan dari pemerintah pusat," ujarnya.

Selanjutnya untuk pengembangan energi hijau (green energy) juga menjadi prioritas Pemprov Bali, sehingga ke depan Bali menjadi Bali yang bersih dan bebas polusi.

Delegasi bisnis dari Jepang berminat investasi di Bali 

Duta Besar Republik Indonesia di Tokyo Pandu Manggala Utama mengatakan terkait G20, beberapa delegasi bisnis dari Jepang sangat antusias untuk menjalin kerja sama atau berinvestasi di Indonesia khususnya Bali.

Selain itu, rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Wisata Kesehatan yang akan dibangun di Sanur juga menjadi suatu daya tarik sendiri bagi para pebisnis Jepang.

Ia berharap Pemprov Bali dapat memfasilitasi hal tersebut dan kemudian akan membuka peluang kerja sama bagi para pelaku bisnis di Jepang maupun di Bali.

Sementara itu, Direktur Fasilitasi Promosi Daerah, Kementerian Investasi/BKPM Saribua Siahaan meminta agar para investor tidak ragu-ragu untuk berinvestasi di Bali.

"Pemerintah pusat sangat konsen dalam memudahkan investor berinvestasi di Indonesia, baik dari segi regulasi maupun administrasi," ucapnya.

Selain informasi soal Pemprov bali ingin jalin kerja sama dengan Jepang di sektor pertanian, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.