Catat! Ini Ragam Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Wanita Usia 30an
Ilustrasi (Kate Hliznitsova/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Untuk menjaga kesehatan di usia 30an, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh wanita. Seperti konsumsi makanan sehat, berolahraga dan juga meminum vitamin. Pasalnya, wanita memiliki kebutuga nutrisi yang sedikit berbeda dari pria, dan kebutuhan ini dapat berubah mengikuti berbagai tahap kehidupan wanita.

Sedianya, kebutuhan vitamin dan mineral bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan yang seimbang. Aka tetapi, jika asupan makanan dirasa kurang cukup, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin.

Dikutip dari Times Now News, Rajeswari Shetty, Kepala Dietetika Rumah Sakit SL Raheja Mahim - A Fortis Associate  dari Mumbai, India  mengatakan sangat penting bagi wanita berusia 30an untuk memberikan perhatian penuh saat memilih suplemen vitamin.

Vitamin dan suplemen dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan wanita usia 30an, mulai dari mencegah anemia saat haid atau melahirkan, serta keseimbangan hormon. Tapi tetap harus berhati-hati tentang penggunaannya, berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Berikut ragam vitamin yang harus dikonsumsi oleh wanit usia 30an:

Vitamin C & Vitamin E sebagai antioksidan

Vitamin C & E adalah antioksidan yang hebat dan membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C mendukung sistem kekebalan dan membuat kulit awet muda karena mendorong pembentukan kolagen. Vitamin C juga membantu menyerap zat besi. Vitamin C & E mengandung sifat antioksidan, karena itu banyak orang juga mengoleskan minyak vitamin E pada luka kulit untuk membantu mencegah bekas luka atau mempercepat proses penyembuhan.

Kalsium & Vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang

Vitamin D adalah vitamin penting bagi wanita di usia 30-an. Berperan penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan, vitamin D sangat mendukung kesehatan tulang. Asupan vitamin D bersama dengan kalsium akan menjaga kesehatan tulang. Sebenarnya vitamin D tersedia di alam dan mudah kita dapatkan, apalagi kita hidup di negeri tropis, di mana matahari bersinar sepanjang hari.

Sinar matahari menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat sinar matahari dan vitamin D? Berbagai penelitian menganjurkan untuk berjemur selama 15 menit sebelum pukul 10.00, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Namun, jika Anda lebih banyak berkegiatan di dalam ruang, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D, yang kini banyak di pasaran.

Vitamin B untuk booster energy

Berbagai kelompok vitamin B merupakan faktor pendukung yang penting untuk tubuh. Vitamin B tidak hanya menjadi sumber energi, tapi juga sangat penting untuk mengangkat suasana hati dan mencegah depresi. Vitamin B atau Asam folat ini juga penting bagi wanita yang merencanakan kehamilan dan mereka yang sedang hamil. Vitamin B bertindak sebagai bahan penting dalam vitamin prenatal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Multivitamin Wajib Konsumsi Bagi Wanita Usia 30an untuk Menunjang Kesehatan.

Selain informasi soal ragam vitamin yang wajib dikonsumsi wanita usia 30an, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!