Ragam Jenis Vitamin yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi vitamin (Foto: Pixabay/Gadini)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin untuk memecah makronutrien seperti karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu, asupan vitamin harian juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan respon terhadap infeksi. Lantas, apa saja vitamin yang bisa dikonsumsi setiap hari?

Vitamin yang Bisa Dikonsumsi Tubuh Setiap Hari

Sebagai informasi, setiap orang memerlukan asupan nutrisi harian yang berbeda. Vitamin dan mineral yang diperlukan dalam dosis yang lebih besar diukur dalam milligram dan yang dibutuhkan tubuh lebih sedikit diukur dalam mikrogram.

Dikutip dari Ai-Care, berikut ragam jenis vitamin yang bisa dikonsumsi tubuh setiap hari:

  • Vitamin B kompleks: Vitamin B kompleks (vitamin B6, B9 dan B12) dapat menurunkan kadar homosistein. Homosistein merupakan asam amino alami, jika kadar didalam darah tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan rheumatoid arthritis.
  • Vitamin A: Studi menemukan bahwa vitamin A alis retinoid dapat membantu menjaga sistem kekebalan agar tidak terlalu aktif dan memicu peradangan. Kebutuhan harian vitamin A untuk wanita ialah 700 mikrogram sementara untuk pria ialah 900 mikrogram.
  • Vitamin C: Konsumsi vitamin ini dapat membantu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan lunak, yang berarti dapat menurunkan risiko peradangan. Kendati demikian, Anda tidak disarankan mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi setiap hari karena bisa menyebabkan masalaj pada perut. Asupan rekomendasi vitamin C harian untuk pria adalah 90 miligram dan 75 miligram untuk wanita.
  • Vitamin D: Kadar vitamin B yang rendah di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko peradangan, seperti rheumatoid arthritis, penyakit radang usus dan multiple sclerosis. Asupan rekomendasi harian vitamin D adalah 15 mikrogram (600 IU). Untuk lansia (lanjut usia) adalah 20 mikrogram (800 IU).
  • Vitamin E: Vitamin E adalah jenis antioksidan lain yang juga dapat membantu mencegah peradangan. Dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2015, telah dikonfirmasi bahwa vitamin E memiliki zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan di dalam tubuh. Asupan harian vitamin E yang direkomendasikan adalah 15 miligram setiap hari.
  • Vitamin K: Dalam jurnal Metabolism, ditemukan bahwa vitamin K bisa menurunkan peradangan, mencegah pembekuan darah, dan melindungi kesehatan tulang. Pria dewasa disarankan mengonsumsi vitamin K sebanyak 120 mikrogram, sedangkan wanita sebanyak 90 mikrogram per hari.

Kendati asupan vitamin harian memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun efek samping akibat dosis yang berlebihan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh sebab itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi semua jenis vitamin di atas, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit lain atau sedang dalam pengobatan tertentu.

Demikian informasi tentang ragam jenis vitamin yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.