Kenali 4 Ciri Pasangan Manipulatif, Bisa Bikin Hubungan Tak Sehat
Ilustrasi Pasangan Manipulatif (Diana Smykova/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Ciri pasangan manipulatif wajib diketahui oleh setiap insan, terlebih bagi yang sedang menjalin hubungan percintaan.

Dengan mengetahui ciri pasangan yang manipulatif, Anda akan terhindar dari hubugan yang tidak sehat.

Banyak yang bilang bahwa cinta itu buta, tapi bukan berarti Anda harus menyerahkan segalanya. Bahkan tak sedikit orang yang kehilangan diri mereka sendiri karena pasangan yang kerap kali bersikap manipulatif. Lalu, apa saja ciri-cirinya?

Dihimpun VOI BALI dari berbagai sumber, berikut empat ciri pasangan manipulatif:

Seringkali Membuat Anda Merasa Bersalah

Hal ini kerap kali terjadi dalam sebuah hubungan, ketika pasangan seringkali membuat Anda merasa bersalah bahkan atas sesuatu yang tidak Anda lakukan. Mereka akan selalu memiliki celah untuk membuat Anda berpikir bahwa segala hal yang terjadi, terutama hal buruk, adalah kesalahan diri sendiri. Pada akhirnya Andalah yang harus mengalah dan minta maaf pada pasangan.

Menjadikan Anda Pihak yang Bertanggung Jawab Untuk Emosinya

Selain sering membuat merasa bersalah, dia akan membuat Anda menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas emosinya. Anda harus melakukan segala cara agar bisa membuat emosinya mereda dan ini bisa jadi membuat pasangan memanfaatkan Anda. Untuk itu, berhenti menyalahkan diri sendiri dan berhenti merasa bertanggung jawab atas segalanya.

Menjadikan Ragu Atas Diri Sendiri

Mengikuti setiap kata yang keluar dari pasangan manipulatif dapat membuat Anda ragu dan akhirnya kehilangan diri sendiri. Dia akan menggunakan kelemahan Anda, kemudian berulang kali mengatakan bahwa tanpa bantuannya, Anda takkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Lantas Anda akan ragu dan terus bergantung padanya dan mengiyakan seluruh yang dia katakan.

Tak Ada Permintaan Maaf

Ciri pasangan manipulatif lainnya ialah dia tak pernah meminta maaf. Dia akan mengedepankan emosinya, membuat Anda bertanggung jawab dan minta maaf duluan. Mereka juga tidak akan peduli dengan kebutuhan dan keinginan yang Anda rasakan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Waspada, Ini Ciri Pasangan Manipulatif yang Perlu Anda Hindari.

Selain informasi soal ciri pasangan manipulatif, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!