Jangan Sampai Terkena Bujuk Rayu, ini 5 Ciri Orang yang Manipulatif
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Orang yang manipulatif bisa membuat cerita dengan alur yang sempurna. Tujuanya, untuk meyakinkan lawan jenisnya dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Hanya saja, korban dari manipulator sering tidak sadar bahwa ia telah tertipu oleh bujuk rayu dan dimanfaatkan untuk tujuan tertentu.

Jamie Cannon MS, LPC., menerangkan bahwa cara-cara manipulatif bisa dikenali sehingga tidak terbuai rayuan manis dan menjadi korban mereka. Berikut ciri-cirinya.

Terlalu sempurna untuk menjadi kenyataan

Orang yang jago memanipulasi sering terlalu menekankan pada reputasi mereka, kata Cannon dilansir Psychology Today, Sabtu, 2 Oktober. Mereka menampakkan kehebatannya, prestasinya, dan menyelamatkan yang terluka.

Pengorbanan sebagai kedok

Manipulator akan menggunakan mekanisme ‘pengorbanan’. Orang manipulatif bisa dengan mudah menjadi penyelamat dan memberi bantuan untuk mendapatkan kepercayaan.

Pandai membuat Anda percaya

Menurut Cannon, hubungan yang tulus membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan dan mengenal satu sama lain. Jalan memotong dilakukan manipulator untuk membuat Anda ‘ketagihan’, terkesan pada pengorbanannya, dan mereguk keuntungan dari Anda.

Menunjukkan kehebatan dalam situasi buruk

Pernahkan Anda terlibat dalam percakapan dengan seseorang yang suka berbicara tentang orang-orang hebat yang telah mereka bantu? Seseorang yang manipulatif selalu menemukan cara untuk membuat kisahnya menarik tentang bagaimana ia telah terluka karena situasi tidak adil dan mengemas dengan bentuk pemikiran hitam putih, baik buruk, dan benar salah.

Terlalu cepat membagi cerita-cerita personal

Seberapa kedekatan menentukan topik apa saja yang diceritakan. Apabila terlalu cepat membagi cerita-cerita personal untuk mendapatkan simpati, terkesan tidak seimbang antara seberapa dekat Anda dan seseorang yang berinisiatif mengambil keuntungan.

Saran Cannon, jangan sampai terjebak dalam jaring pesona manipulator. Ia dapat memengaruhi Anda ke dalam perilaku yang biasanya tidak pernah Anda lakukan. Nah, itu cara seseorang yang manipulatif untuk memajukan diri mereka dengan ‘menggunakan’ koneksi dengan Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jangan Sampai Terbuai Rayuan, Kenali 5 Ciri-Ciri Orang yang Manipulatif.

Selain informasi soal ciri orang yang manipulatif, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!