Begini Cara Membalas Email Otomatis di Gmail, Mudah Diaplikasikan!
Ilustrasi email. (Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Mengetahui cara membalas email secara otomatis di Gmail merupakan hal penting agar Anda tidak terganggu dengan pekerjaan saat sedang berlibur.

Kendati membalas email bukan hal rumit dan menyita waktu, namun, liburan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya bisa terganggu karena Anda masih mengecek pekerjaan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan fitur balas pesan otomatis di Gmail. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan balasan apa yang ingin disampaikan kepada setiap email yang masuk. Dengan demikian, waktu senggang Anda tidak akan terganggu.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Tim VOI telah menyusun tutorial membalas pesan secara otomatis di Gmail. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan informasi berikut.

Cara menyiapkan balasan email otomatis di Gmail

Untuk mengaktifkan fitur balas email otomatis di Gmail, pengguna dapat membuka aplikasi Gmail di ponsel Anda, atau membukan laman Gmail menggunakan peramban seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Setelah masuk ke Gmail, klik ikon gerigi roda, yang terletak di sebelah kanan atas, untuk mengakses menu “Settings” atau pengaturan Gmail Anda.

Setelah itu, pilih opsi “See All Settings” atau lihat semua pengaturan yang ada di Gmail, kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu General atau Umum.

Selanjutnya, cari opsi pengaturan “Vacation responder” atau “Penjawab saat libur”. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan pengaturan balasan otomatis yang dapat Anda aktifkan sebelum pergi berlibur Untuk mengaktifkan balasan otomatis.

Cara mengaktifkannya adalah klik opsi Aktifkan, kemudian isi jangka waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur balasan otomatis tersebut di kolom "Tanggal pertama" dan "Tanggal terakhir".

Setelah itu, tulis subjek email yang Anda inginkan, kemudian ketik pesan yang ingin Anda sampaikan sebagai balasan di badan email apabila ada pesan yang masuk saat Anda sedang libur. Pengguna bisa menulis pesan yang memberi tahu bahwa Anda sedang libur atau lainnya.

Anda dapat mengatur balasan otomatis hanya dikirim untuk orang yang ada di daftar kontak email Anda. Carabya, centang kotak yang ada di sebelah menu "Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya".

Setelah Anda sudah selesai mengatur pesan otomatis yang ingin Anda sampaikan di setiap email yang masuk ke akun Anda, klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan”.

Dengan demikian, setiap email yang masuk ke akun Gmail Anda dalam periode yang sudah Anda tentukan akan dibalas secara otomatis.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Membalas Email Otomatis di Gmail, Bisa Anda Aktifkan Ketika Liburan.

Selain informasi soal cara membalas email otomatis di Gmail, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!