Film <i>Yuni</i> Bakal Wakili Indonesia Diajang Oscar 2022, Begini Sinopsisnya
Arawinda Kirana (Instagram @fourcoloursfilms)

Bagikan:

ENPASAR – Film Yuni garapan sutradara Kamila Andi bakal mewakili Indonesia di ajang Academy Award alias Oscar 2022 untuk Kategori The International Feature Film.

Informasi ini disampaikan oleh Hanung Bramantyo selaku Ketua Panitia Penyeleksi mewakili Komiti Seleksi Oscar Indonesia pada Jumat, 15 Oktober.

"Berdasarkan penilaian komite yang ada, Komite Seleksi Oscar Indonesia 2021 menetapkan film berjudul Yuni produksi Fourcolours Film dan StarVision sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia dalam ajang 94th Academy Award kategori The International Features Film Award," kata Hanung Bramantyo secara daring.

Alasan film Yuni dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar 2022

Komite Seleksi Oscar Indonesia memiliki beberapa alasan dalam memilih Yuni. Film ini dinilai memenuhi syarat sebagai potensi untuk bersaing di ajang internasional.

Tidak lupa juga bahwa film Yuni sudah meraih atensi internasional setelah tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Yuni juga memenangkan Platform Prize di festival yang sama.

Lebih lanjut, pihak komite berharap agar pemerintah Indonesia dapat mendukung promosi Yuni secara internasional.

"Dukungan pemerintah seharusnya menjadi kewajiban kalau mengatakan film adalah sebuah medium promosi dan investasi bangsa tapi jika tidak, film itu sendiri yang membangun kekuatan jaringan oleh Academy Award," kata sutradara Garin Nugroho dari Fourcolors Films.

Sinopsis film Yuni

Sinopsis film Yuni bercerita tentang perempuan bernama Yuni (Arawinda Kirana), anak SMA yang cerdas dan supel. Besar impiannya untuk melanjutkan pendidikan di perkuliahan.

Sayangnya, di tengah keinginan tersebut, Yuni malah diminta untuk menikah setelah SMA. Yuni dilamar oleh dua laki-laki yang hendak meminangnya namun dia tolak demi impiannya.

Sebuah mitos beredar bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran maka tidak akan pernah menikah. Yuni pun semakin resah ketika pria ketiga datang melamarnya.

Film Yuni juga terinspirasi dari puisi karya Sapardi Djoko Damono berjudul Hujan di Bulan Juni.

Saat ini, film Yuni sedang melakukan perilisan di sejumlah festival di negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Roma, dan Jepang. Film Yuni dijadwalkan tayang di Indonesia pada 9 Desember 2021.

Artikel ini telah tayang dengan judul Resmi! Film Yuni Jadi Perwakilan Indonesia untuk Oscar 2022.

Selain informasi soal Film Yuni wakili Indonesia untuk Oscar 2022, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!