Jane Campion Jadi Sutradara Perempuan Ketiga yang Raih Penghargaan Oscar
Jane Champion (Foto: Reuters via ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR – Sutradara film The Power of the Dog, Jane Campion berhasil menyabet penghargaan sutradara terbaik di Academy Award 2022 pada Minggu, 27 Maret.

Capaian ini membuat Jane Campion menjadi perempuan ketiga dalam 94 tahun sejarah Oscar yang membawa pulang piala untuk kategori itu.

Jane Campion dua kali masuk nominasi sutradara terbaik

Sutradara dari Selandia Baru ini mengikuti jejak Kathryn Bigelow dan Chloe Zhao sebagai perempuan yang mendapatkan penghargaan di bidang penyutradaraan, bidang yang masih didominasi oleh pria di Hollywood.

Dikutip dari Antara, Sutradara 67 tahun ini pernah mendapat nominasi untuk film The Piano tahun 1993. Penghargaan sutradara kala itu jatuh pada Steven Spielberg yang menyutradarai Schindler's List, tapi ia memenangi Oscar untuk skenario asli terbaik.

Tidak ada perempuan selain Campion yang dinominasikan untuk sutradara terbaik lebih dari satu kali. Dia baru-baru ini menggambarkan dirinya sebagai "nenek dalam gerakan perempuan di film."

Power of the Dog adalah kisah balas dendam yang berlatar Montana 1925 dan diangkat dari novel karya Thomas Savage tahun 1967. Syuting di Selandia Baru, film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai pemilik peternakan yang berniat menyiksa istri baru saudara laki-lakinya, yang diperankan oleh Kirsten Dunst.

Ini adalah film pertama Campion sejak 2009. Baru-baru ini dia mengerjakan konten televisi, menulis serial drama Top of the Lake.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sutradara The Power of Dog, Jane Campion Jadi Perempuan Ketiga Peraih Oscar 2022.

Selain informasi soal Jane Campion raih penghargaan Oscar 2022, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.