Cara Membuat Sate Kambing yang Lezat dan tidak Bau <i>Prengus</i>
Ilustrasi. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Saat Idul Adha, biasanya keluarga di rumah akan membuat olahan daging kambing yang lezat. Menu yang paling umum dan digemari masyarakat adalah sate. Selain karena memang enak, membuat sate pun termasuk mudah dan tidak butuh waktu lama membuatnya.

Tapi perlu diingat kalau mengolah daging kambing untuk jadi sate tidak bisa asal-asalan. Sebab masih ada risiko daging alot dan berbau prengus yang bikin rasa sate kurang sedap.

Nah, sebelum Anda mengolah daging kambing menjadi sate, ikuti tips berikut ini dulu yuk! Biar nanti pas hari H bisa berhasil bikin sate enak untuk orang rumah.

Daging tidak perlu dicuci

Setelah mendapatkan daging kambing, Anda tidak perlu mencucinya. Sebab, mencuci daging kambing akan membuat baunya makin kuat dan tekstur daging jadi alot. Tidak hanya sate, pada dasarnya mau dimasak apapun, daging memang sebaiknya tidak dicuci.

Potong daging sesuai arah serat

Bagaimana cara memotong daging? Paling mudah dengan mengikuti arah seratnya. Anda bisa membuang urat atau lapisan tipis di permukaan daging. Untuk bagian lemak, bisa dipakai untuk membuat sate jadi lebih gurih. Tapi kalau Anda tidak suka, lemak tersebut bisa disisihkan.

Bungkus dengan daun pepaya dan nanas

Setelah daging dipotong, taruh di helaian daun pepaya lalu bungkus selama 30-60 menit. Anda juga bisa menambahkan buah nanas yang telah dihaluskan untuk dibalurkan ke daging, diremas-remas, lalu bungkus dengan daun. Cara ini ampuh lho untuk bikin daging jadi empuk dan tidak perlu dimasak lama-lama.

Bumbu sate

Setelah daging sudah didiamkan di daun pepaya, ini saatnya Anda memberi bumbu. Sederhana saja, haluskan bawang putih, ketumbar, lada, lalu tambahkan kecap manis. Tuangkan bumbu ke wadah berisi daging, remas-remas agar semua meresap. Kemudian, mulailah menyusun potongan daging di tusuk sate dan siap dibakar.

Hidangkan dengan bumbu kecap

Kalau sate sudah matang, Anda bisa menghidangkannya.  Biar lebih enak, buat bumbu dari irisan bawang merah, tomat, dan cabe rawit, kemudian tambahkan kecap manis. Bisa juga menambahkan perasan jeruk nipis atau acar mentimun.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rahasia Membuat Sate Kambing Empuk dan Bau Tidak Prengus.

Selain informasi soal cara membuat sate kambing, Simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!