Panduan Memakai Masker dari CDC, Khusus Bagi yang Sudah Disuntik Vaksin COVID-19
Ilustrasi memakai masker. (Freepik).

Bagikan:

DENPASAR – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Center for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan memakai masker bagi orang yang sudah disuntik dua dosis vaksin COVID-19.

Menurut CDC, seseorang yang sudah selesai divaksin, tak perlu lagi menggunakan masker di luar ruangan, kecuali berada dalam kelompok besar alias kerumunan.

Sedangkan mereka yang belum divaksin, harus tetap memakai masker dalam situasi tersebut.

“Mereka tidak harus memakai masker di luar ruangan saat mereka berjalan, bersepeda, atau berlari sendirian atau dengan anggota keluarga terdekat. Panduan ini juga berlaku untuk orang yang telah divaksinasi penuh,” kata CDC, dikutip VOI dari Health, Minggu, 2 Mei 2021.

“Vaksin COVID-19 efektif melindungi Anda dari penyakit. Menurut apa yang kita ketahui tentang vaksin COVID-19, orang yang sudah disuntik vaksin secara lengkap dapat mulai melakukan beberapa hal yang mereka sempat hentikan karena pandemi," sambung CDC. 

Tetap pakai masker saat berada di keramaian

Kendati demikian, CDC menegaskan, orang yang sudah divaksin harus tetap mengenakan asker di acara outdoor yang ramai, seperti konser, acara atletik, ataupun berada di dalam ruangan seperti restoran, salon rambut, pusat perbelanjaan, bioskop dan museum.

Apabila Anda sudah mendapatkan semua suntikan yang diperlukan, Anda juga dapat berkumpul di dalam ruangan dengan orang-orang yang belum divaksin, dari usia berapa pun, dari satu rumah tangga lain tanpa masker atau jarak sosial, kecuali salah satu dari orang-orang itu memiliki peningkatan risiko parah dari COVID-19.

Meski begitu, pertemuan dalam ruangan sebaiknya tetap harus dihindari oleh semua orang, disuntik vaksin Corona atau tidak, ada pembatasan berlaku selama perjalanan.

Bahkan apabila Anda telah divaksinasi penuh, Anda akan tetap diminta untuk mengenakan maser di pesawat, bus, kereta api, dan sarana transportasi umum lainnya

Terkait