Kenali 5 Cara Mencegah Darah Tinggi Sebelum Terlambat
Ilustrasi penyakit hipertensi. (Freepik).

Bagikan:

DENPASAR – Cara mencegah hipertensi atau penyakit darah tinggi wajib diperhatikan oleh setiap orang, baik yang berusia muda maupun tua, mengingat hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung (kardiovaskuler).

Kementerian Kesehatan mendefinisikan hipertensi sebagai peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari140 mmHG, serta tekanan darah diastolik di atas 90 mmHG.

Jika kondisi ini dibiarkan, penderita berisiko terkena penyakit lainnya, seperti gagal ginjal, jantung coroner, hingga stroke.

Cara mencegah hipertensi

Pemeriksaan darah secara berkala baik untuk dilakukan, agar Anda tahu langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah darah tinggi.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa anda praktikkan untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Obesitas atau berat badan bisa membuat seseorang terkena penyakit hipertensi. Pencegahan darah tinggi bisa dimulai dengan menjaga berat badan ideal sesuai dengan tabel kesehatan pada umumnya.

2. Rajin olahraga

Jika Anda rutin berolahraga, berarti potensi terkena hipertensi sudah berkurang hingga 20-50 persen, ketimbang mereka yang jarang berolahraga.

Olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah darah tinggi.

Tak perlu sampai lari marathon atau senam berjam-jam, berolahraga secara teratur setiap hari selama 30 menit dapat membantu mencegah darah tinggi secara signifikan.

3. Kurangi konsumsi garam

Garam merupakan bahan tambahan makanan yang berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi garam secara berlebih dapat menyebabkan terkena hipertensi, mengapa?

Sebab, tingginya kadar natrium dalam darah akan membuat ginjal bekerja lebih keras dalam pembuangan air. Alhasil, tekanan darah akan meningkat karena kinerja badan yang dipaksakan.

Agar terhindar dari penyakit darah tinggi, mulailah dengan mengurangi garam dalam menu makanan Anda.

4. Mengurangi stres

Bisa dibilang, stres merupakan pemicu dari segala penyakit, termasuk hipertensi. oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengurangi stres dengan berbakai cara, termasuk olahraga, relaksasi, meditasi dan lain-lain.

5. Berhenti merokok

Merokok bisa meningkatkan tekanan darah naik beberapa menit setelah Anda mengisapnya. Karenanya, berhenti merokok bisa mencegah hipertensi.

Tak hanya mencegah darah tinggi, berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, terhindar dari berbagai penyakit, dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.