Rekomendasi 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Daya Ingat
Ilustrasi makanan yang membantu meningkatkan daya ingat (Unsplash/Roberta Sorge)

Bagikan:

DENPASAR - Otak memiliki peranan yang sangat penting dari tubuh seperti menjaga detak jantung, pernapasan paaru-paru, motorik atau gerak tubuh, gingga merasakan dan berpikir. 

Karena tugasnya berat dan ingatan kerap luput, vitamin otak diperlukan. Tak hanya itu, konsumsi makanan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi juga bagus untuk menjaga kesehatan otak. 

Lantas, apa saja makanan yang bisa tingkatkan daya ingat? Berikut informasi lengkapnya. 

1. Ikan berlemak

Mengapa ikan dan bukan daging unggas atau daging merah? Ikan berlemak kaya akan omega-3 dan sekitar 60 persen otak terbuat dari lemak. Setengah dari lemak otak terdiri dari asam lemak omega-3, sehingga untuk membangun sel otak dan saraf, penting untuk memberi vitamin tambahan. Ikan yang kaya omega-3 juga menunjukkan manfaatnya dalam menangkal penyakit Alzheimer. Bahkan kalau kurang asupan omega-3 terkait dengan gangguan belajar atau tingkat konsentrasi.

2. Kunyit

Sedapnya masakan kari berbahan kunyit juga bermanfaat untuk otak Anda. Kunyit, atau dikenal juga dengan kurkumin, mengandung bahan aktif yang menghalau penghalang darah dalam otak. Artinya, ketika sikulasi darah dalam otak bekerja secara lancar, akan baik manfaatnya untuk sel-sel otak.

3. Brokoli

Brokoli kaya akan antioksidan, vitamin K, dan vitamin larut dalam lemak yang membentuk sphingolipids, atau sejenis lemak dalam sel-sel otak. Beberapa penelitian pada orang dewasa lebih tua, menghubungkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan memori dan kemampuan kognitif yang lebih baik.

4. Cokelat hitam

Senyawa baik untuk otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan, dalam cokelat hitam dan bubuk kakao bagus untuk tingkatkan daya ingat. Kandungan yang baik untuk otak, ialah cokelat hitam dengan kakao 70 persen. Kalau cokelat susu biasa, hanya mengandung 10-50 persen kakao. Artinya, pilih asupan yang terbaik untuk otak dengan konsumsi cokelat yang tinggi kandungan kakaonya.

5. Kacang

Penelitian dilansir Healthline, menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Jantung yang sehat, oleh para peneliti, dikaitkan dengan memiliki otak yang sehat. Studi yang dilakukan tahun 2019 di Cina dengan partisipan usia 55 tahun, menunjukkan bahwa rutin konsumsi kacang berkaitan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah. Studi sebelumnya, tahun 2014, juga menemukan bahwa wanita yang makan kacang secara teratur selama beberapa tahun memiliki ingatan lebih tajam dibanding yang tidak makan kacang.

6. Jeruk

Salah satu buah untuk otak, ialah jeruk. Selain juga blueberi yang bisa jadi asupan otak, jeruk mengandung vitamin C yang berperan mencegah penurunan konsentrasi. Menurut penelitian yang dipublikasikan tahun 2019 dalam jurnal Frontiers in Aging Nouroscience, kadar vitamin C lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan tugas yang melibatkan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan keputusan.

Di samping jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang baik sebagai vitamin otak seperti jambu biji, tomat, dan stroberi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Baik Buat Otak, 6 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Selain informasi soal makanan yang bisa tingkatkan daya ingat, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.