Biar tidak 'Kandas di Tengah Jalan, Kenali Tanda Kedekatan Emosional dengan Pasangan Mulai Merenggang
Ilustrasi tanda kedekatan emosional dengan pasangan mulai merenggang. ( (iStockphoto).

Bagikan:

DENPASAR - Kedetakan emosional dengan pasangan sulit diterangkan secara definitif. Pasangan yang dekat secara emosional akan merasa tak berjarak tanpa perlu dijelaskan. Sebaliknya, ketika bentang jarak terasa antara setiap orang yang berpasangan, maka keintiman emosional sedang melemah.

Untuk mencegah hubungan asmara 'kandas' ditengah jalan, ketahui tanda kedekatan emosional dengan pasangan mulai merenggang. 

1. Merasa sendiri meski berada di dekat pasangan 

Emosi menjadi ‘nyawa’ dari setiap komitmen. Meski seseorang memiliki komitmen dan cocok dengan pasangannya, tidak selalu tanpa dinding. Jika merasakan terdapat dinding antara pasangan, bisa jadi karena koneksi emosional sedang melemah. 

Jonice Webb, Ph.D., psikolog berlisensi mencontohkan ketika Anda merasa sendirian meski bersama pasangan, bisa jadi tanda melemahkan keintiman emosional, dikutip VOI dari Psychology Today

2. Merasa kurang dicintai 

Mengetahui pasangan Anda mencintai Anda berbeda dengan merasakannya. Jika mengetahui, mungkin karena sering mengucapkan ‘Aku cinta kamu’. Tetapi merasakannya, seolah setiap perhatian dan perilaku terasa penuh. Webb menyebutnya dengan ada pemutusan antara kepala dan hati. Ketika ucapan cinta memakai kepala, tidak selalu menyertakan hati, lho. Tembok ini mungkin terjadi karena mengalami pengabaian emosional pada masa kanak-kanak.

3. Susah mengekspresikan perasaan dan kebutuhan

Ketika pasangan sulit mengekspresikan perasaan dan mengesampingkannya, keduanya perlu mengidentifikasi kembali tentang apa yang dibutuhkan. Dengan begitu bisa berlatih mengkomunikasikannya kepada pasangan sehingga bisa saling terbuka.

4. Merasa menjadi orang lain 

Tanda selanjutnya ketika keintiman emosional melemah, berkaitan dengan tanda sebelumnya. Saat Anda tidak dapat mengekspresikan perasaan dan kebutuhan, maka akan membuat jarak. Selain itu, bisa membuat seseorang tak jadi diri sendiri karena tak bisa jujur mengenai apa yang dirasakan serta dibutuhkan.

5. Sulit mengkomunikasikan hal-hal sulit

Jarak emosional tampaknya membuat pasangan tak mudah untuk mengkomunikasikan hal-hal sulit. Terang Webb, berkomunikasi membutuhkan kedekatan emosional, terutama mengenai masalah-masalah yang dilalui. Dibutuhkan pula pengetahuan, keterampilan, dan identifikasi perasaan Anda sehingga bisa mengungkapkan pada pasangan secara efektif.

Orang dewasa yang mengabaikan aspek emosional, biasanya kalau tidak menghidar atau meledak penuh gejolak. Perlu diketahui, bahwa cara berkomunikasi dan membangun hubungan sehat memang tak dipelajari. Bukan berarti persoalan dalam hubungan tidak bisa diperbaiki. Bahkan bertengkar pun, enggak apa-apa kok. Itu artinya, cobalah untuk mengkomunikasikan perasaan dan kebutuhan kemudian bekerja bersama menuju hubungan dengan koneksi emosional yang lebih berkembang.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Tanda Kedekatan Emosional dalam Hubungan Melemah

Selain informasi soal tanda kedetangan emosional dengan pasangan mulai merenggang, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.