Peneliti Sebut Perubahan Iklim Pangkas Jam Istrihat Malam, Tidur Hanya 10 Menit
Perubahan iklim membuat masa tidur menurun. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

DENPASAR - Menurut studi terbaru, dampak perubahan iklim tidak hanya menyebabkan kebakaran hutan dan mencairkan glester di kutub, namun juga memangkas waktu istrihat malam yang nyaman. 

Para peneliti telah mempelajari data dan informasi cuaca global dari pelacak tidur yang dipakai oleh masyarakat untuk memprediksi efek masa depan pada tidur kita.

Perubahan iklim kurangi 58 jam tidur orang per tahun 

Pada tahun 2099, suhu akan mengurangi antara 50 hingga 58 jam tidur per orang per tahun, jadi hanya di bawah 10 menit per malam.

Menurut penelitian,  efek suhu pada kurang tidur akan jauh lebih besar bagi penduduk dari negara berpenghasilan rendah, seperti India, serta untuk orang dewasa dan wanita yang lebih tua.

Secara keseluruhan, orang dewasa akan tertidur lebih lambat, bangun lebih awal, dan kurang tidur selama malam yang panas di masa depan, yang akan berisiko 'beberapa hasil fisik dan mental yang merugikan'.

Suhu global yang lebih tinggi akan menggerogoti total tidur kita karena suhu inti tubuh perlu turun untuk tertidur. Namun, ini menjadi lebih sulit untuk dicapai karena suhu di sekitar kita semakin panas.

"Tubuh kita sangat beradaptasi untuk mempertahankan suhu tubuh inti yang stabil, sesuatu yang menjadi sandaran hidup kita," kata penulis studi Kelton Minor di University of Copenhagen, Denmark.

“Namun setiap malam mereka melakukan sesuatu yang luar biasa tanpa sebagian besar dari kita sadari - mereka melepaskan panas dari inti kita ke lingkungan sekitar dengan melebarkan pembuluh darah kita dan meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki kita,” kata Minor, seperti dikutip Daily Mirror.'

“Agar tubuh kita dapat mentransfer panas dari ekstremitas ini, lingkungan sekitar harus lebih dingin dari kita,” kata Minor. Di wilayah tropis, orang banyak menggunakan pendingin ruangan atau AC agar bisa mencapai tidur nyenyak.

Untuk penelitian ini, tim peneliti menggunakan data tidur global anonim yang dikumpulkan dari gelang pelacak tidur yang mendeteksi pola bangun dan tidur.

Data tersebut mencakup 7 juta catatan tidur malam dari lebih dari 47.000 orang dewasa di 68 negara yang mencakup semua benua kecuali Antartika, termasuk Inggris, AS, Australia, Prancis, India, Meksiko, dan Kanada.

Ini kemudian dibandingkan dengan pengukuran cuaca global dari waktu ke waktu, yang memungkinkan tim untuk menemukan pola antara dua faktor dan membuat prediksi untuk masa depan.

Studi ini menemukan bahwa pada malam yang sangat hangat lebih panas dari 86 ° F (30 ° C), tidur menurun rata-rata lebih dari 14 menit. Kemungkinan tidur kurang dari tujuh jam juga meningkat seiring dengan kenaikan suhu.

Di bawah rutinitas hidup normal, orang tampak jauh lebih baik dalam beradaptasi dengan suhu luar yang lebih dingin daripada kondisi yang lebih panas.

“Di seluruh musim, demografi, dan konteks iklim yang berbeda, suhu luar yang lebih hangat secara konsisten mengikis tidur, dengan jumlah kurang tidur semakin meningkat seiring suhu menjadi lebih panas,” kata Minor.

Satu pengamatan penting adalah bahwa orang-orang di negara berkembang tampaknya lebih terpengaruh oleh perubahan ini. Namun, keterbatasan penelitian ini adalah tidak memperhitungkan teknologi pendinginan buatan seperti AC.

Ada kemungkinan bahwa prevalensi AC yang lebih besar di negara maju berperan dalam hasil tersebut. Juga, ada kekurangan data pelacakan tidur dari Afrika, yang mengalami panas yang sangat parah dibandingkan dengan bagian lain dunia.

Menurut para ahli, penelitian di masa depan harus mempertimbangkan populasi yang lebih rentan, terutama mereka yang tinggal di wilayah terpanas dan termiskin secara historis di dunia.

Data terbaru yang dilaporkan sendiri dari AS menunjukkan bahwa kualitas tidur subjektif menurun selama periode cuaca panas. Tetapi bagaimana fluktuasi suhu dapat memengaruhi perubahan hasil tidur objektif pada orang yang tinggal di berbagai iklim global masih belum jelas.

"Dalam studi ini, kami memberikan bukti skala planet pertama bahwa suhu yang lebih hangat dari rata-rata mengikis tidur manusia," kata Minor.

“Kami menunjukkan bahwa erosi ini terjadi terutama dengan menunda ketika orang tertidur dan dengan maju ketika mereka bangun saat cuaca panas,” tambah Minor, seperti dalam studi yang telah diterbitkan di jurnal One Earth.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perubahan Iklim Buat Masa Tidur Manusia Turun, Tahun 2099 Orang Hanya Tidur 10 Menit

Selain informasi soal perubahan iklim pangkas jam istirahat malam, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.