Ingin Punya Rumah Sebelum Menikah? Begini Caranya
Ilustrasi (Unsplash/Tierra Mallorca)

Bagikan:

DENPASAR – Memiliki rumah sebelum menikah bukanlah sebuah hal yang mustahil. Hanya saja, untuk mewujudkannya diperlukan strategi khusus agar impian Anda dapat tercapai.

Anda tetap dapat membeli properti yang harganya terus meroket setiap tahunnya, kendati pendapatan tidak besar.

Mumpung masih belum banyak tanggungan dalam kehidupan rumah tangga, kamu bisa merencanakannya dari sekarang. Apa saja strategi yang bisa dilakukan dalam menggapai harapan punya rumah sendiri? Ini yang bisa kamu lakukan.

1. Sisihkan dana 30 persen dari total gaji

Kalau kamu menerima gaji bulanan, biasanya untuk mengaturnya sesuai perencanaan. Pertama, sebagian alokasikan untuk pengeluaran bulanan. Kedua, untuk pengeluaran tak terduga dan terakhir, alokasikan untuk menabung membeli rumah.

2. Punya target tabungan dan konsisten

Menabung tanpa target kurang membuatmu bersemangat, lho. Maka, buat target sejumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah. Yang perlu diingat, kamu harus konsisten dalam menabung. Pasalnya, kalau enggak rutin menabung akan lebih lama jangka waktu menabung dan lebih lama pula bisa membeli rumah.

Jangan lupa menghitung-hitung keperluan lain. Sebab umumnya jika membeli rumah dengan cara mencicil, cicilan akan diberikan bank sebesar 30 persen dari gaji. Dengan begitu, kamu enggak akan merasa berat soalnya sudah konsisten menabung dan mencicil sebagian gaji untuk properti yang kamu impikan.

3. Tabung berupa emas dan asuransi

Sulit menabung uang karena sering kecolongan dan diambil sebelum mencapai target? Ada kok tabungan bentuk emas atau asuransi. Bentuk menabung emas dan asuransi enggak mudah diambil seperti menabung uang. Artinya kamu akan punya kesempatan panjang dalam mempertimbangkan untuk mengambilnya demi keperluan yang tidak mendesak.

4. Pantau harga properti secara rutin

Sebagai referensimu, kamu harus memantau harga perumahan secara rutin. Karena perkembangannya sangat cepat, maka jangan sampai terlewat mengetahui harga terbaru ya.

Kamu bisa mengeceknya melalui internet. Atau bisa dengan mengikuti akun-akun media sosial yang membidangi properti. Sesekali, pantau secara langsung lokasi yang paling kamu inginkan. Cek juga bagaimana kondisi terbaru disekitar lokasi tersebut.

5. Beli rumah dengan KPR

Terdapat dua cara membeli rumah, yaitu dengan cara dibayar tunai atau dengan kredit. Jika yang paling realistis dengan cara kredit, manfaatkan program KPR. KPR biasanya akan mempermudah, karena hanya diminta uang tunai untuk tanda jadi setelah pengecekan berkas. Setelah pengajuan kredit diterima, kamu bisa membayarnya dengan mengangsur. Nah, pastikan juga berapa besar angsuran serta uang tanda jadi. Ketahui dan cukupi juga seluruh berkas yang dibutuhkan.

6. Manfaatkan KPR bersubsidi

Rumah KPR dengan subsidi umumnya dialokasikan untuk penghasilan atau gaji jumlah tertentu. Harganya akan lebih murah sehingga bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Artinya rajin-rajinlah mencari informasi mengenai program KPR bersubsidi ini.

7. Datangi pameran rumah KPR atau tawaran program bank

Beberapa bank memberikan program untuk memudahkan calon pasangan muda memiliki rumah. Sebelum menikah dan berencana punya rumah, maka kamu perlu aktif mendatangi pameran rumah program KPR ataupun program lain dari bank yang memudahkanmu membeli rumah.

Itulah ketujuh strategi yang perlu kamu pegang. Apakah kamu sudah mulai menjalankan salah satu dari tips di atas? Supaya cepat terealisasikan punya rumah sebelum menikah, ikuti keseluruhan langkahnya ya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa kok, Begini 7 Strategi Supaya Punya Rumah sebelum Menikah.

Selain informasi soal cara memiliki rumah sebelum menikah, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.