9 Cara Mencegah Keriput di Wajah yang Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi cara mencegah keriput wajah secara alami (Unsplash/Fleur Kaan)

Bagikan:

DENPASAR – Garis halus di wajah dan keriput akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, kerutan atau keriput di wajah juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi.

Lantas, bagaimana cara mencegah keriput di wajah? Berikut ini kami bagikan sejumlah cara untuk mencegah kriput di wajah.

1. Bijaksana memilih produk skincare

Banyak sekali produk skincare yang menawarkan formula mengencangkan kulit wajah. Namun, tidak semua jenis kulit bisa cocok. Oleh karena itu Anda yang bijak dalam memilih produk skin care akan bermanfaat.

Produk skincare juga memakai bahan kimia. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih minyak kelapa untuk menghindari kandungan paraben. Minyak kelapa, bisa bermanfaat membersihkan riasan dengan lebih lembut. Disamping itu, minyak kelapa juga bersifat natural bisa dipakai untuk melembapkan kulit.

2. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Keriput bisa diatasi dengan merawat kulit dari ‘dalam’, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Alih-alih konsumsi kalori, pilih sayuran hijau, wortel, ubi jalar, labu, tomat, alpukat, lemon, kacang-kacangan, buah berry, dan biji-bijian yang mengandung nutrisi baik untuk kulit.

3. Konsumsi lemak sehat

Lemak sebagai makronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme. Maka pilih lemak yang sehat agar manfaat ganda diserap tubuh, salah satunya mencegah kerutan dan membantu produksi kolagen. Untuk porsi mengonsumsi makanan lemak sehat, sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Makanan lemak sehat, antara lain minyak kelapa, alpukat, almond, kecari, dan salmon.

4. Memastikan tetap bergerak

Tubuh tetap bergerak juga bermanfaat anti-penuaan. Jika memungkinkan, meluangkan waktu untuk olahraga sedang akan berguna untuk mencegah garis-garis halus tanda penuaan terlihat lebih jelas. Anda termasuk yang meluangkan waktu untuk jalan kaki, yoga, atau pilates? Pertahankan kebiasaan ini.

5. Kelola stres

Ibarat pameo ‘setali tiga uang’, satu aktivitas tetapi banyak manfaatnya. Mengelola stres tak hanya membuat Anda hidup lebih bahagia, tetap berdaya dan produktif, serta menjaga kesehatan kulit. Setiap orang tentu memiliki cara masing-masing untuk mengelola stres. Ada orang yang cukup menikmati secangkir kopi, kemudian stres mereda. Di sisi lain, ada yang butuh berbicara dengan teman atau melakukan cara efektif untuk mengelola stres.

6. Minum jus

Meskipun konsumsi buah segar lebih optimal daripada minum jus, tetapi minum variasi minuman olahan dengan gula tambahan tidak lebih baik. Artinya, alih-alih minum minuman olahan berpengawet, lebih baik minum jus buah segar tanpa ditambah gula. Ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun juga mencegah keriput.

7. Tidur cukup

Kolagen diproduksi ketika tertidur, artinya cukup tidur penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Kurang tidur bisa berkontribusi pada menurunnya fokus dan suasana hati. Maka, kebiasaan tidur cukup perlu dipertahankan untuk berbagai manfaat untuk tubuh.

8. Posisi tidur yang tepat

Tidur telentang dengan sarung bantal dan sprei nyaman akan lebih lembut untuk kulit Anda. Tidur dengan posisi miring sebenarnya tak menimbulkan masalah besar, hanya saja jika dilakukan dalam jangka waktu lama bisa berkontribusi pada kerusakan kolagen dari waktu ke waktu.

9. Cukup terhidrasi

Minum cukup air mineral baik untuk kulit dan kesehatan. Selain itu, mengurangi kopi dan teh hitam baik dilakukan. Anda bisa menggatinya dengan teh hijau. Minuman alternatif lain yang bermanfaat untuk kulit ialah air lemon hangat. Minuman tersebut bisa membantu kulit terhidrasi secara alami.

Demikianlah cara mencegah keriput di wajah yang mudah dipraktikkan. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang dengan judul 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Bermanfaat Mencegah Keriput.

Selain informasi soal cara mencegah keriput di wajah, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.